Tekno

Kenali Ciri dan Kelebihan TV Digital Dibandingkan Analog

Kamis, 09 Juni 2022 - 06:08 | 120.99k
Kenali Ciri dan Kelebihan TV Digital Dibandingkan Analog
Ilustrasi Set Top Box (Foto: Kominfo RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Migrasi televisi digital (tv digital) merupakan salah satu program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) pada tahun 2022. Program pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) atau pengalihan siaran tv analog ke tv digital terusdilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang program migrasi TV digital sekaligus mengajak masyarakat untuk segera mengganti siaran TV yang disarankan.

Sebagai program baru, tidak semua masyarakat memahami apa itu TV digital dan bagaimana ciri-cirinya. Secara umum, TV digital sudah tidak berbentuk tabung seperti TV model lama. Kebanyakan TV digital biasanya memiliki desain yang tipis dan ramping.

Pemahaman terhadap ciri-ciri TV digital dan bagaimana cara kerjanya, sangat diperlukan untuk mengetahui berbagai kelebihan siaran TV digital dibandingkan TV analog.

Bagi Anda yang belum memiliki TV berkemampuan digital, beberapa informasi ini dapat membantu Anda memilih produk TV yang baik dan kompatibel untuk program tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ciri-ciri TV digital dan berbagai kelebihannya, perlu Anda ketahui.

Ciri-Ciri TV Digital

Seperti disebutkan sebelumnya, ciri-ciri utama TV digital yaitu sudah bukan lagi tv berbentuk tabung. Sebagian besar TV digital mempunyai desain bentuk yang ramping dan tipis dengan layar yang cukup lebar. Layar TV digital ini menggunakan teknologi layar Liquid-Crystal Display (LCD) atau Light-Emitting Diode (LED).

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua TV berbentuk ramping berkemampuan digital. TV yang berkemampuan digital harus mempunyai fitur pencarian siaran digital. Dengan begitu, Anda bisa mencari beberapa channel siaran digital dan dapat menyaksikannya dengan tampilan gambar yang lebih jelas dan jernih.

Oleh karena itu, Anda perlu teliti dalam memperhatikan spesifikasi produk TV yang akan dibeli. Sebab, TV LED dan LCD biasa biasanya tidak mendukung kemampuan ini. Jika Anda sudah memiliki TV LED atau LCD yang mampu menangkap siaran analog maupun digital, tentu Anda tinggal mencari alat pendukung lain yang dapat menghubungkan ke berbagai siaran digital.

Ciri-ciri TV digital yang terakhir, yaitu mendukung DVB-T2. TV yang berkemampuan digital biasanya sudah dilengkapi dengan recorder DVB-T2 (Digital Video Broadcasting Terrestrial Second Generation). Dengan fitur ini, TV Anda berkemampuan untuk mengirimkan layanan audio, video, dan data ke perangkat tetap, portable, dan seluler dengan mudah.

Kelebihan TV Digital

Setelah memahami ciri-ciri TV digital, berikutnya perlu diketahui berbagai kelebihan TV digital dibanding TV analog. Secara umum, kelebihan TV digital dibanding TV analog adalah cara penangkapan sinyal yang lebih baik.

Dengan kemampuan tersebut, TV digital memiliki kelebihan lain, seperti:

  1. Kualitas gambar yang lebih jernih dan lebih nyaman dilihat. Tidak ada tampilan buram semut seperti TV analog.
  2. Tv digital mampu menerima siaran TV dalam kondisi bergerak. Sedangkan TV analog biasanya akan membuat gambar dengan bayangan pada layar saat menangkap TV bergerak.
  3. TV digital juga mampu mengurangi efek noise lebih baik. Dengan begitu, tak hanya tampilan gambar yang lebih jernih tetapi suara yang dihasilkan TV digital juga lebih baik dan dapat terdengar dengan jelas.
  4. TV digital dapat menangkap dan menampung banyak siaran dalam satu paket. Kemampuan ini didapat dari penggunaan bandwidth pada TV digital yang tidak sebesar TV analog. Dengan begitu, Anda bisa menonton dan menikmati tayangan yang lebih beragam dari berbagai channel.

Berbagai kelebihan TV digital tersebut karena memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk menikmati berbagai tayangan TV dengan tampilan dan suara yang lebih berkualitas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES