Tekno

Tips Memilih Antena TV Digital, Gambar dan Suara Lebih Jernih

Jumat, 10 Juni 2022 - 04:16 | 141.13k
Tips Memilih Antena TV Digital, Gambar dan Suara Lebih Jernih
Ilustrasi - Siaran TV digital. (FOTO: Getty Images/EyeEm/Rene Wassenbergh)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Teknologi penyiaran di Indonesia mulai merambah dunia digital. Hal tersebut membuat adanya pergantian siaran dari TV analog ke TV digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) turut menghadirkan program pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) terus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang program migrasi TV digital.

Menurut keterangan di siarandigital.kominfo.go.id, TV digital adalah siaran televisi yang menggunakan sinyal digital dan sistem kompresi sehingga kualitas gambar dan suaranya lebih baik dibandingkan TV analog. Televisi digital ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki TV analog. 

Tips Memilih Antena TV Digital 

Meskipun memiliki banyak keunggulan, Tv digital masih membutuhkan antena agar bisa berfungsi dengan baik. Antena TV digital ini digunakan untuk menangkap sinyal digital dengan lebih mudah. 

Antena dari televisi digital ini diketahui memiliki jangkauan yang luas, sehingga saluran televisi yang tertangkap lebih banyak. Tak hanya itu, antena dari TV digital juga bisa menangkap dua jenis frekuensi yaitu WHF dan UHF. 

Saat ini, jika Anda ingin membeli antena TV digital sebenarnya tidak sulit. Namun, Anda perlu memperhatikan kualitas dan fungsi dari antena tersebut. Bagaimana cara memilih antena TV digital? 

Berikut beberapa tips yang bisa Anda cermati.

1. Pilih Antena Berdasarkan Penempatannya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli antena TV digital yakni mengetahui penempatan antena tersebut. Pasalnya, antena yang ditempatkan di dalam ruangan dan di luar ruangan memiliki perbedaan. Antena yang dipasang di dalam ruangan atau indoor biasanya memiliki bentuk compact sehingga posisinya mudah disesuaikan. 

Antena indoor ini juga dirasa lebih aman dari sambaran petir dan harganya juga relatif terjangkau. Meskipun demikian, posisi yang bisa dipindah-pindah turut mempengaruhi saluran televisi yang tertangkap. 

2. Pilih Antena Sesuai Jenis TV 

Saat hendak membeli antena TV digital, Anda juga harus menyesuaikan ukuran antena dengan jenis TV yang dimiliki. Jika Anda menggunakan TV LED atau LCD, maka antena yang cocok untuk digunakan yaitu antena berukuran sedang hingga besar, karena lebih mudah menangkap sinyal. Jika Anda menggunakan TV tabung, maka antena yang cocok digunakan yaitu antena ukuran kecil hingga sedang. Pasalnya, jenis televisi ini lebih mudah menangkap sinyal sehingga antena yang digunakan tidak perlu terlalu besar. 

3. Beli Antena dengan Kabel Coaxial 

Kabel coaxial adalah komponen penting yang harus diperhatikan dalam memilih antena TV digital. Kabel ini menjadi penentu kualitas antena. Fungsinya menjadi jaringan penghubung antara transmisi perangkat elektronik. Saat membeli antena televisi digital, sebaiknya beli antena yang memiliki kabel coaxial dengan impedans 75 ohm dengan serabut tebal dan kawat konduktor yang besar. Walaupun kabel tipe ini relatif malah, namun gambar yang ditayangkan lebih berkualitas. 

4. Beli Antena yang Memiliki Deret Padat dan Panjang 

Tips membeli antena TV digital terbaik selanjutnya yaitu sebaiknya beli antena TV yang memiliki deret padat dan panjang. Hal ini bertujuan agar daya tangkap sinyal kuat dan besar. Apabila daya tangkapnya besar, maka siaran TV yang ditayangkan berkualitas baik dan cerah. Tak hanya itu, antena dengan deret yang panjang juga bisa memberikan sasaran dari arah pemancar yang kuat dan tepat. 

5. Gunakan Booster

Selain memilih antena berdasarkan kualitas dan jenis TV yang digunakan, Anda juga bisa menggunakan booster untuk memperkuat sinyal yang diterima oleh antena. Dengan menggunakan booster, maka sinyal yang diterima akan dijauhkan dari penghalang transmisi sinyal.

TV digital memiliki kelebihan dari pada tv analog. Kelebihan tersebut diantaranya, kualitas gambar dan suara lebih jernih. Teknologi yang digunakan lebih canggih sehingga bisa mengetahui acara yang telah dan akan ditayangkan. Memiliki layanan interaktif, sehingga penonton bisa memberikan rating secara langsung pada program yang sedang ditayangkan. Terdapat teknologi parental lock, sehingga orang tua bisa mengatur prorgam sesuai usia anaknya. Ada banyak channel sehingga menambah referensi tontonan. Program siaran berkualitas. Gratis karena tidak membutuhkan kuota internet atau biaya langganan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES