Tekno

Simak Deh, Ini Tips Pasang Modem WiFi XL Home Anti Lemot

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 10:32 | 18.82k
Simak Deh, Ini Tips Pasang Modem WiFi XL Home Anti Lemot
Ilustrasi penggunaan XL Home. (Foto: Humas XL) 

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Untuk mendapatkan jaringan internet yang baik di rumah, banyak keluarga yang memilih menggunakan bantuan WiFi. Perangkat elektronik berupa modem WiFi tersebut dapat terhubung dengan jaringan nirkabel atau gelombang radio.  

Di Indonesia ini, ada banyak pilihan provider atau penyedia jaringan internet WiFi. Masyarakat kita memilih paket dan kecepatan yang diinginkan. Karena semakin cepat kemampuan untuk upload maupun download, harga paketnya biasanya lebih mahal.  

Namun, tak jarang jaringan WiFi sering terjadi kendala, hingga membuat koneksinya menjadi lemot atau lambat.  

Penggunaan teknologi WiFi atau yang biasa dikenal sebagai modem keberadaannya menjadi kian penting untuk memenuhi kebutuhan internet di rumah atau area kantor. 

Hal ini dinilai karena fungsinya yang menggunakan gelombang radio sehingga dapat menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan tinggi untuk dihubungkan ke smartphone, gadget, dan perangkat elektronik lainnya.  

Salah satu produk yang menjadi unggulan dalam menyediakan internet dengan kualitas prima adalah XL HOME. Layanan ini menyediakan akses internet rumah dengan kecepatan tinggi, serta stabil.

Karena itu, dengan layanan ini pelanggan bisa memanfaatkannya untuk mendukung gaya hidup digital, termasuk bekerja dan belajar dari rumah, melakukan aktivitas produktif lainnya, serta mendapatkan akses ke saluran hiburan yang berkualitas. 

Bagi pelanggan dan masyarakat yang saat ini sedang atau ingin menggunakan layanan XL Home, perlu memperhatikan faktor instalasi pemasangan perangkat juga harus diperhatikan. Berikut tips yang bisa diikuti agar internetan dengan Wi-Fi XL Home bisa lebih nyaman.  

1. Gunakan kabel dan port ethernet  

Gunakan kabel UTP/Ethernet dan sambungkan pada port ethernet modem untuk mendapatkan pengalaman internet terbaik pada komputer dan laptop.   

2. Hindari modem dari resiko panas dan air  

Hindari meletakkan Modem di lokasi yang mudah terkena air, panas atau api yang dapat merusak perangkat Modem XL HOME (seperti di dekat kompor, dekat mesin cuci, terkena panas langsung matahari, dekat sumber air, dll).  

3. Tempatkan modem pada posisi yang tinggi  

Modem dapat ditempatkan di atas meja, lemari atau ditempelkan di dinding tetapi jangan terlalu dekat dengan plafon, dan jangan letakkan modem di lantai.  

4. Pasang modem di tempat terbuka dan tanpa halangan  

Halangan seperti dinding tembok, dinding kaca, lemari dan aquarium dapat menurunkan jangkauan sinyal Wi-Fi. Pastikan di sekitar modem tanpa halangan.  

5. Jauhkan modem dari perangkat elektronik lainnya  

Jauhkan modem dari perangkat- perangkat elektronik lainnya, terutama perangkat yang memancarkan sinyal radio frekuensi yang akan menghasilkan interferensi, seperti antara lain cordless phone, wireless printer, microwave, baby monitor). Jika ruangan terbatas pastikan jarak dengan perangkat tersebut lebih dari satu meter.  

6. Letakkan Modem di tengah Ruangan  

Jika tidak memungkinkan peletakkan di tengah ruangan, letakkan modem di ruangan yang paling sering digunakan oleh pelanggan untuk mengakses internet, seperti ruang keluarga atau ruang kerja.  

7. Jangan Tumpukkan Modem dengan perangkat lainnya  

Jangan menumpuk modem dengan perangkat lain atau barang-barang lain agar kinerja modem dan koneksi jaringan internet maksimal dan untuk menghindari kerusakan dari modem WiFi itu sendiri.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES