Tekno

5 Aplikasi Anti Plagiasi Konten, Yuk Kenali Cara Penggunaannya

Rabu, 28 Desember 2022 - 06:34 | 131.83k
5 Aplikasi Anti Plagiasi Konten
5 Aplikasi Anti Plagiasi Konten

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menulis konten di dunia online sangat rentan plagiasi. Nah, untuk menghindari kena plagiasi, Anda bisa mengecek dengan aplikasi anti plagiasi berbasis web. 

Mengapa harus dicek? Ingat bahwa plagiasi adalah pelanggaran serius dan dapat menyebabkan konsekuensi yang serius pula. Seperti hilangnya kepercayaan, hilangnya pekerjaan, atau bahkan tuntutan hukum. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami cara mengutip dengan benar dan menghindari plagiasi dengan aplikasi anti plagiasi.

Aplikasi Anti Plagiasi Konten Website

Berikut 5 aplikasi anti plagiasi yang dapat digunakan untuk mengatasi plagiarisme. Apilkasi ini bisa digunakan untuk mengecek tingkat plagiarisme konten website.

1. Turnitin

Aplikasi ini dapat membantu Anda memeriksa konten yang Anda tulis untuk mengetahui apakah terdapat plagiasi atau tidak. Turnitin juga dapat membantu Anda menemukan sumber-sumber yang mungkin telah Anda plagiat dan memberi saran tentang cara mengutip dengan benar.

2. Grammarly

Aplikasi ini tidak hanya membantu Anda memperbaiki kesalahan gramatikal dan ejaan. Tetapi aplikasi  ini juga dapat membantu Anda menghindari plagiasi dengan menyarankan sumber-sumber yang dapat Anda gunakan dan memberi saran tentang cara mengutip dengan benar.

3). PlagScan

Aplikasi ini menawarkan fitur yang sama dengan Turnitin. Yakni dengan menyediakan alat pemeriksaan plagiasi dan saran tentang cara mengutip dengan benar.

4.Copyscape

Aplikasi ini dapat membantu Anda menemukan plagiasi yang mungkin terjadi pada konten yang telah Anda tulis. Caranya dengan membandingkan konten Anda dengan sumber-sumber lain di internet.

5 Plagiarism Checker

Aplikasi ini memungkinkan Anda memeriksa konten yang Anda tulis untuk mengetahui apakah terdapat plagiasi atau tidak. Aplikasi ini juga menyediakan saran tentang cara mengutip dengan benar.

Nah TIMES Lovers, lima aplikasi anti plagiasi itu bisa Anda gunakan untuk mengetes tulisan. Apakah terjadi plagiat dari tulisan lain atau tidak.

Cara Menggunakan Aplikasi Anti Plagiat

Untuk menggunakan aplikasi anti plagiasi dengan cara sederhana berikut ini:

1). Anda harus memasang aplikasi tersebut pada perangkat Anda. Misalnya pada smartphone atau komputer. 

2). Setelah aplikasi terpasang, Anda dapat membuka aplikasi tersebut dengan mengklik ikonnya atau dengan mencari aplikasi tersebut melalui menu pencarian pada perangkat Anda.

3). Setelah aplikasi terbuka, Anda akan dapat menjelajahi fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut. Biasanya, aplikasi akan menyediakan petunjuk atau panduan tentang cara menggunakan fitur-fiturnya. Jadi jika Anda tidak tahu bagaimana cara menggunakan suatu fitur, coba cari informasinya di dalam aplikasi tersebut atau di dokumentasi dan bantuan yang tersedia. Silakan Anda login.

4). Setelah login, Anda dapat memasukkan teks yang ingin Anda cek plagiasinya ke dalam aplikasi. Biasanya, aplikasi akan meminta Anda untuk memilih bahasa teks yang Anda masukkan, serta sumber-sumber yang akan digunakan untuk membandingkan teks tersebut. Setelah itu, Anda dapat mengklik tombol "Cek Plagiasi" atau tombol serupa untuk memulai proses pengecekan plagiasi.

5). Setelah proses selesai, aplikasi akan menampilkan hasil pengecekan plagiasi, yang biasanya akan berupa laporan yang menunjukkan seberapa banyak teks yang terdeteksi sebagai plagiat dan dari sumber mana plagiat tersebut terdeteksi. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk memperbaiki plagiat yang terdeteksi sebelum menyerahkan tugas atau publikasi Anda.

Nah, jika TIMES Lovers mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi anti plagiasi ini untuk menulis konten, cobalah mencari informasi di internet atau mencari bantuan dari pembuat aplikasi atau komunitas pengguna aplikasi tersebut. Anda juga dapat mencoba menghubungi layanan pelanggan atau dukungan teknis aplikasi tersebut untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES