Tekno

5 Rekomendasi HP yang Layak Dibeli Awal Tahun 2023

Sabtu, 31 Desember 2022 - 13:33 | 551.42k
Ilustrasi smartphone. (Foto: speakrights.com)
Ilustrasi smartphone. (Foto: speakrights.com)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menuju awal tahun 2023 tentunya sesuatu yang baru banyak dicari, termasuk soal handphone (HP). Apalagi pada  awal 2023 diprediksi akan hadir beberapa model dan tipe baru dari berbagai merek ponsel pintar.

Tren HP pada 2023 sepertinya masih akan didominasi oleh layar yang lebar yang didukung dengan jaringan 5G. Selain itu, ponsel yang memiliki layar lipat juga diprediksi akan semakin menjamur di tahun depan.

Lantas, rekomendasi HP apa saja yang layak dibeli pada awal 2023? Simak penjelasan berikut.

Samsung Galaxy A54 5G

Rekomendasi Hp pertama yang layak dibeli di awal tahun 2023 adalah Samsung Galaxy A54 dengan dukungan jaringan 5G. Calon Hp mid-range terbaik di tahun 2023 ini diharapkan akan rilis di Indonesia pada akhir Januari-Februari 2023.

Kabarnya, Samsung Galaxy A54 akan mengadposi layar yang sama dengan Samsung Galaxy S22 series. Untuk spesifikasinya sendiri diperkirakan akan menggunakan chipset Exynos 1380 terbaru dan kapasitas baterai yang lebih baik menjadi 5.100 mAh.

Samsung Galaxy S23

Pabrikan asal Korea Selatan, Samsung, setiap tahunnya memang selalu merilis Hp, termasuk pada seri premiumnya pada bulan Februari-Maret tahun 2023. Diprediksi, Samsung akan merilis seri Galaxy S23 dengan spesifikasi yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Adapun seri S23 tersebut akan terdiri atas Galaxy S23, Galaxy S23 Plus hingga Galaxy S23 Ultra. Pada seri ini, kemungkinan spesifikasi kamera utamanya akan beresolusi 200 Mega Pixel dan kamera depan dengan 40 Mega Pixel.

Dari segi baterai pun juga diperkirakan akan ada peningkatan dan mendukung fast charging hingga 65W+. Menariknya lagi, Samsung Galaxy S23 akan memiliki fitur komunikasi satelit. Ini bakal jadi salah satu rekomendasi Hp yang harus kalian beli di awal tahun 2023.

Realme GT 3 Pro

Realme GT 3 Pro juga dikabarkan akan dirilis secara global pada awal tahun 2023 mendatang. Hp ini diperkirakan akan hadir dengan spesifikasi terbaik di kelasnya, namun dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan pesaingnya.

Chipset kelas atas terbaru, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, hampir dipastikan akan disematkan pada Hp besutan Realme ini. Selain itu, kabarnya Realme GT 3 Pro juga akan hadir dengan desain yang lebih elegan, sehingga sangat layak dijadikan rekomendasi Hp untuk dibeli di awal tahun 2023 nanti.

Xiaomi 13

Kehadiran Hp ini di awal tahun 2023 secara global sepertinya bukanlah rumor lagi. Pasalnya, pihak Xiaomi telah merilis Xiaomi 13 di Tiongkok terlebih dahulu pada 11 Desember 2022 lalu.

Selain itu, CEO Xiaomi, Lei Jun juga telah mengumumkan secara langsung melalui akun Twitter-nya bahwa akan merilis Xiaomi 13 secara global. Sayangnya, dia belum menyebutkan secara pasti tanggal dan negara mana saja yang kebagian Hp seri flaghsip dari Xiaomi ini.

Namun, jika melihat jadwal perilisan generasi sebelumnya, yaitu Xiaomi 12, diperkirakan Xiaomi 13 akan hadir di Indonesia pada April 2023 mendatang. Xiaomi 13 juga akan hadir dalam dua versi, yaitu Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro.

Meski memiliki nama yang berbeda, kedua perangkat tersebut ditenagai oleh chipset sama, yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Selain itu, kedua Hp ini juga sama-sama menggunakan kamera dengan lensa dari perusahaan kamera ternama, Leica, untuk meningkatkan pengalaman fotografi penggunanya. 

Harganya, dibandrol mulai dari Rp8,94 juta hingga Rp14,12 juta. Tentunya, Hp ini sangat direkomendasikan untuk keperluan kalian di tahun 2023 mendatang.

iPhone SE 2023

iPhone SE generasi terbaru dirumorkan akan rilis pada awal tahun 2023 mendatang. Hal tersebut didasari oleh tradisi Apple yang kerap merilis Hp entry level miliknya setiap awal tahun.

Berbicara mengenai spesifikasi, kabarnya akan ada upgrade besar-besaran yang diterapkan Apple untuk Hp model ini di tahun 2023 mendatang. 

Dilansir Indiatoday, terdapat laporan yang mengungkapkan bahwa salah satu spare parts yang akan digunakan di iPhone SE 2023 adalah layar LCD Liquid Retina 6,1 inci sama seperti iPhone XR.

Apakah rumor ini akan menjadi kenyataan? Kita nantikan saja pada awal 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES