Tekno

Cek Spesifikasi iPhone 14 yang Membuatnya Kurang Laku Keras

Selasa, 24 Januari 2023 - 19:21 | 54.50k
Ilustrasi iPhone. (foto: dokumen TIMES Indonesia)
Ilustrasi iPhone. (foto: dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Benarkah penyebab iPhone 14 kurang laku keras gara-gara spesifikasi iPhone 14? Pada tanggal 4 November 2022 Apple mulai memasarkan produk iPhone 14. Tapi tidak menyangka produknya kali ini tidak begitu mulus berjalan di pasaran.

Padahal produk ini digadang-gadang sebagai versi terbaik dari pendahulunya, iPhone 13. Pada awalnya seri iPhone 14 akan menambah produksi menjadi 6 juta unit. Akan tetapi melihat kondisi pasarnya, permintaan versi 14 ini tidak berhasil meningkat hingga minggu keenam.

Advertisement

Permintaan iPhone 14 tidak meningkat, sehingga Apple mengeluarkan keputusan untuk membatalkan rencana produksi unit tambahan seri 14. Padahal varian 14 ini menawarkan sejumlah pembaruan dari versi sebelumnya. Mari simak pembahasan penyebab kurang lakunya iPhone 14 berdasarkan informasi yang dilansir dari beritateknologi.com dalam artikel di bawah ini. 

Alasan Kenapa iPhone14 Tidak Laku

Spekulasi demi spekulasi bertebaran di publik pasca produk dan spesifikasi iPhone 14 sampai ditangan konsumen. Banyak konsumen mengeluh varian 14 ini tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, yaitu iPhone 13. Tentunya tidak ada yang mau membeli varian angka saja tapi isinya sama.  

Selanjutnya, penjualan iPhone 14 yang menurun diawasi langsung oleh perusahaan analis finansial global yaitu JP Morgan. Apple sudah optimis iPhone 14 menjadi varian paling banyak peminatnya. Dilihat dari aktualnya justru lebih banyak membuang uang untuk proses produksi iPhone 14 daripada tenaga.  

1. Meningkatnya Inflasi Tiap Negara

Seperti yang diketahui, beberapa negara sedang berusaha bangkit dari mimpi buruk inflasi. Penyebab utama iPhone 14 tidak laku ini membuat harganya semakin terlihat lebih mahal. Disatu sisi, konsumen masih mencoba bertahan dari resesi ekonomi global.

Minimnya pendapatan membuat masyarakat lebih mengutamakan prioritas lain daripada membeli iPhone 14. Akibatnya, daya beli masyarakat yang minim membuat penjualan produk Apple versi terbaru ini tidak sesuai harapan.

2.  Keluhan pada Internal Perangkat

iOS 16.0 ternyata memiliki sejumlah masalah berupa bug. Masalah ini ada pada iMessage dan Facetime yang tidak bisa digunakan sejak ponselnya pertama kali diaktifkan. Keluhan pada internal perangkat dirasakan oleh sejumlah user iPhone 14 sejak pertama pembelian.

Spesifiknya, banyak pesan iMessage yang salah kirim. Pengguna aktif iMessage mendapatkan bubble chat berwarna hijau ketika melakukan panggilan, padahal seharusnya berwarna biru. Dengan begitu, Apple masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

3. Fitur Terbaru yang Zonk

Beberapa pengguna mengeluhkan fitur terbaru pada spesifikasi iPhone 14 yaitu fitur Dynamic Island tidak bisa dinonaktifkan. Padahal fitur Dynamic Island merupakan salah satu pembaruan paling mutakhir di kelasnya. Fitur ini cenderung tidak berguna saat pengguna sedang fokus memakai ponsel.

Fungsi Dynamic Island pada iPhone adalah memunculkan notifikasi serta informasi. Misalnya, menampilkan skor pertandingan olahraga, pengingat, dan acara penting lainnya secara real time. Belum ada cara menonaktifkan fitur ini selain menggeser manual.

Perbandingan Spesifikasi iPhone14 dan iPhone 13

Sejak pertama kali rilis, iPhone 14 sudah mencuri banyak perhatian masyarakat. Besar harapan masyarakat mendapatkan banyak pembaruan fitur dari produk ini. Lalu apa yang membedakan iPhone 13 dan iPhone 14?

1. Desain

Dari segi desain tidak banyak berubah, sudah sangat iPhone. Maksudnya, desain produk secara keseluruhannya sangat identik. Namun hal tersebut yang membuat iPhone memiliki karakter, tidak terlalu banyak komponen tidak penting atau desain aneh di bagian luarnya.

iPhone 14 memiliki sensor kamera lebih besar sehingga dari segi bodinya cenderung lebih tebal. Sedangkan pendahulunya, bodi iPhone 13 lebih tipis dan berat. Hal yang sama dari keduanya ada pada area layar yaitu bezel simetris.

2. Kemampuan Layar

Komposisi layar keduanya sama-sama menggunakan teknologi Dolby Vision. iPhone 14 cenderung lebih responsif ketika sedang melakukan perpindahan panel satu ke panel lainnya dibanding iPhone 13.  

3. Processor

Sistem processor keduanya tidak jauh beda yaitu menggunakan chipset A15 Bionic L Soc. Frekuensi maksimalnya bisa mencapai 3,23 Ghz dengan begitu secara kasat mata kinerja keduanya hampir mirip.

Tapi jika diteliti lagi, spesifikasi iPhone 14 lebih cekatan daripada iPhone 13. Karena dibekali jumlah RAM sebanyak 6GB dan sistem operasi terbaru iOS 16.0. Sementara itu, iPhone 13 hanya memiliki RAM 4GB dengan sistem operasi iOS 15.

4. Kamera

Kamera adalah alasan utama membeli iPhone bagi sebagian orang. Pada kamera iPhone 14 terdapat tambahan kamera ultra wide sangat mendukung kegiatan fotografi. Selain itu tangkapan kameranya sudah didukung fitur aperture focus f/1.5.

5. Baterai

iPhone 14 dikenal memiliki daya tahan jauh lebih lama karena dibekali daya tahan baterai sebesar 3279 mAH. Serta dukungan pengisian teknologi nirkabel. iPhone 13 juga sudah didukung fitur pengisian secara nirkabel, namun daya tahan baterainya masih ada di angka 3240 mAH.

Bila diperhatikan, spesifikasi iPhone 14 memang lebih mirip dari pendahulunya. Faktor kemiripan digosipkan membuat orang berpikir dua kali untuk membeli ponsel Apple terbaru. Jangan lupa untuk mengunjungi beritateknologi.com supaya lebih mengetahui informasi tentang spesifikasi iPhone 14. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES