Tekno

Tantang ChatGPT, Elon Musk Siapkan TruthGPT

Selasa, 25 April 2023 - 17:14 | 83.43k
Ilustrasi chatbot AI.
Ilustrasi chatbot AI.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bukan Elon Musk jika tidak terus menerima tantangan baru. Nah, setelah habis-habisan mengkritik ChatGPT, ia pun mengumumkan rencananya meluncurkan platform kecerdasan buatan (AI) yang ia sebut TruthGPT. 

Musk menyampaikan TruthGPT miliknya itu akan ia pakai untuk bersaing dengan ChatGPT milik Microsoft dan Google. 

Sebelumnya, Musk mengecam OpenAI, yang didukung oleh Microsoft dan merupakan perusahaan di balik chatbot populer ChatGPT, dengan alasan "melatih AI untuk berbohong". Dia juga menyebut OpenAI sebagai "sumber tertutup" dan organisasi yang mencari keuntungan, serta bersekutu erat dengan Microsoft.

Dalam wawancara dengan Tucker Carlson dari Fox News Channel pada 17 April 2023, Musk menyatakan bahwa "TruthGPT" adalah AI pencari kebenaran maksimum yang mencoba memahami sifat alam semesta. 

"TruthGPT ini mungkin jalan terbaik menuju keselamatan dan tidak mungkin memusnahkan manusia," katanya dalam penggalan wawancara itu.

Meskipun terlambat, Musk berusaha untuk menciptakan opsi ketiga di industri AI. Ia pun telah merekrut peneliti AI dari Google Alphabet Inc untuk meluncurkan startup yang akan bersaing dengan OpenAI. 

Bulan lalu, Musk mendaftarkan perusahaan bernama X.AI Corp, yang didirikan di Nevada. Perusahaan tersebut mencatat Musk sebagai direktur tunggal dan Jared Birchall, direktur pelaksana kantor keluarga Musk, sebagai sekretaris.

Pengumuman ini dilakukan setelah Musk dan sekelompok pakar AI serta eksekutif industri meminta jeda enam bulan dalam pengembangan sistem yang lebih kuat daripada GPT-4 OpenAI yang baru diluncurkan, mengingat potensi risiko bagi masyarakat.

Selama wawancara dengan Carlson, Musk juga mengulangi peringatannya tentang bahaya AI. Menurutnya, "AI lebih berbahaya daripada, katakanlah, desain pesawat yang salah urus atau produksi mobil yang buruk". 

Musk menambahkan bahwa AI berpotensi merusak peradaban manusia. Ia yakin itu semua akan berbeda antara TruthGPT miliknya dan ChatGPT milik OpenAi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES