Tekno

Trafik Data XL Axiata di Jatim Naik 17 Persen Sepanjang Libur Lebaran 2023

Senin, 01 Mei 2023 - 01:51 | 35.83k
Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (memakai jaket) saat kunjungan ke pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata, Minggu (30/4/2023). (FOTO: Dok. XL Axiata)
Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (memakai jaket) saat kunjungan ke pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata, Minggu (30/4/2023). (FOTO: Dok. XL Axiata)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data pada masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H, antara 19 April hingga 27 April 2023.

Trafik data pengguna XL di Jawa Timur sendiri menyumbangkan kenaikan 17 persen, urutan ketiga di bawah Jawa Tengah 27 persen dan Jawa Barat 19 persen untuk Pulau Jawa. 

Hal itu terlihat dari kenaikan trafik yang terjadi di sejumlah wilayah yang selama ini menjadi tujuan rutin perjalanan masyarakat saat libur lebaran.
 
Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan, kenaikan trafik secara rata-rata di Jawa Timur ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan lebaran.

"Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan," jelas Dodik, Minggu (30/4/2023). 
 
Ia merinci, kenaikan trafik XL Axiata secara rata-rata di wilayah Jawa Timur selama periode Lebaran 2023 terjadi di Kabupaten Banyuwangi  sebesar 60 persen, Kabupaten Lamongan sebesar 33 persen, Kabupaten Sampang sebesar 32 persen dan  Kabupaten Jember sebesar 31 persen. 

Wilayah tujuan wisata popular Pantai Balekambang Kabupaten Malang dan Pantai Papuma Kabupaten Jember yang biasanya mengalami kenaikan trafik signifikan, tahun ini kenaikan sebesar 448 persen dan 273 persen dibanding hari biasa.
 
Sementara itu jika dilihat berdasarkan lokasi-lokasi yang identik dengan keramaian, kenaikan trafik di area bandara yang tertinggi terjadi di Bandara Juanda Kabupaten Sidoarjo sebesar 33 persen. Lokasi pelabuhan dengan trafik tertinggi terjadi di Pelabuhan Jangkar Situbondo sebesar 64 persen. 
 
Untuk area lokasi wisata, trafik tertinggi terjadi di Pantai Balekambang Kabupaten Malang, Jawa Timur sebesar 448 persen, menyusul kemudian Pantai Papuma Kabupaten Jember, Jawa Timur naik 273 persen, Pantai Pasir Putih Kabupaten Situbondo,Jawa Timur 215 persen, dan Wisata Gunung Bromo Kabupaten Malang, Jawa Timur 150 persen. 

Sementara itu, selain Pulau Jawa, trafik pemakaian layanan di wilayah Sumatera Utara secara rata-rata naik sebesar 12 persen, Sumatera Selatan 15 persen, Kalimantan 10 persen, Sulawesi 6 persen, Bali-NTB-NTT 10 persen. 

Data dari Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata Tower menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar lebih dari 37 persen dibandingkan periode lebaran tahun sebelumnya dan sekitar 17 persen dibandingkan hari-hari biasa atau hari normal sebelum Ramadan.
 
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur seperti tahun-tahun sebelumya sebelum pandemi.

"Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur lebaran yang penuh kegembiraan ini," ungkap I Gede Darmayusa. 

Ia menambahkan, XL telah melakukan persiapan khusus sejak jauh-jauh hari untuk menyediakan layanan terbaik di libur Lebaran ini. 

Pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis. 

"Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan," sambungnya. 

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. 

Tercatat, selama periode Libur Lebaran, trafik layanan didominasi oleh file access (Whatsapp, Facebook, Instagram File Access) mencapai 36 persen, Instan Messaging 33 persen, Games 11 persen dan Streaming yang mencapai 10 persen serta layanan lainnya mencapai 9 persen. 

Sedangkan untuk layanan streaming video juga mengalami kenaikan, seperti Netflix mencapai 36 persen, Disney Hotstar 22 persen, TikTok 12 persen dan YouTube naik 5 persen. 
 
Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 43 persen. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 55 persen, Twitter 15 persen dan Meta (Facebook) 4 persen. 

Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Apple Map, Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 9-75 persen dibanding hari normal.

Sementara itu dilihat dari area kota/kabupaten, secara nasional, tiga kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah  Kabupaten Kebumen Jawa Tengah naik sebesar 62 persen, Kabupaten Pandeglang Jawa Barat 49 persen dan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah 48 persen. 
 
“Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan selama libur lebaran terlihat turun sebesar 6 persen dibanding hari biasa. Data-data trafik di Jabodetabek tersebut juga sesuai dengan data perpindahan pelanggan selama periode libur Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke propinsi lain, yaitu sekitar 35 persen," ujar Gede lebih lanjut. 
 
Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa libur lebaran tahun ini, XL Axiata sebelumnya telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali jika dibandingkan hari normal. 

Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. XL Axiata mengerahkan 160 unit mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan.

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, dengan didukung lebih dari 145 ribu BTS termasuk lebih dari 90 ribu BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas.

Diketahui, PT XL AxiataTbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data pada masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H, antara 19 April hingga 27 April 2023. Trafik data pengguna XL di Jawa Timur sendiri menyumbangkan kenaikan 17 persen, urutan ketiga di bawah Jawa Tengah 27 persen dan Jawa Barat 19 persen untuk Pulau Jawa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES