Mark Zuckerberg Luncurkan Aplikasi Threads, Pesaing Baru Twitter Milik Elon Musk
TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pertarungan dua titan teknologi dunia, Mark Zuckerberg dan Elon Musk, semakin memanas. Teranyar, Meta, perusahaan yang dipimpin Zuckerberg, merilis aplikasi Threads, yang disebut-sebut sebagai kembaran Twitter, untuk perangkat Android dan iPhone.
Threads adalah aplikasi ciptaan Instagram, yang menyerupai Twitter, dan bersama Facebook dan WhatsApp, menjadi jajaran aplikasi media sosial milik Meta. "Ayo lakukan ini. Selamat datang di Threads," ungkap CEO Meta, Mark Zuckerberg, lewat aplikasi tersebut.
Advertisement
Sejak diluncurkan, aplikasi Threads telah tersedia dan bisa diunduh di Play Store dan App Store di 100 negara, termasuk Indonesia. Pengguna HP Android dan iPhone di tanah air pun dapat menikmati aplikasi ini.
Hadirnya Threads di pasar aplikasi mendapat sambutan antusias dari investor. Mereka berharap aplikasi ini akan memberikan dampak positif terhadap bisnis Meta. Mengingat, Threads terhubung dengan Instagram, sehingga berpotensi menarik pengguna Instagram serta membuka peluang "iklan silang" antara kedua aplikasi tersebut.
Sejumlah analis memprediksi bahwa kehadiran Threads dapat mengambil alih pendapatan iklan Twitter, yang kinerjanya diragukan sejak kepemilikannya diambil alih oleh Elon Musk.
Pengguna Instagram bisa langsung menggunakan Threads dengan melakukan login menggunakan nama akun dan password Instagram mereka. Setelah login di Threads, pengguna juga bisa langsung menghubungkan akun mereka dengan akun yang mereka ikuti dan mengikuti mereka di Instagram.
"Investor tidak bisa menyembunyikan kegirangan mereka akan prospek bahwa Meta memiliki 'Pembunuh Twitter'," kata Danni Hewson, analis dari AJ Bell, merespons peluncuran aplikasi baru tersebut.
Peluncuran Threads terjadi di tengah penantian netizen terhadap "pertarungan" antara Zuckerberg dan Musk. Dalam beberapa pekan terakhir, berbagai isu tentang pertarungan fisik di ring antara kedua miliarder ini sempat mencuat.
Sejumlah brand besar seperti Billboard, HBO, Variety, dan Bloomberg langsung membuka akun Threads sejak menit pertama peluncuran. Meta juga dikabarkan telah menjalin kontak dengan influencer di media sosial untuk menarik mereka menggunakan Threads dan mendorong mereka untuk memposting setidaknya dua kali sehari. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Imadudin Muhammad |
Publisher | : Rifky Rezfany |