Tekno

Tips Hasilkan Jepretan Profesional dengan Kamera Ponsel Pintar

Rabu, 25 Oktober 2023 - 04:56 | 76.26k
Pemanfaatan fitur Gridline atau garis panduan pada ponsel pintar untuk menghasilkan fotografi yang memukau. (foto: ANTARA/Natisha Andarningtyas)
Pemanfaatan fitur Gridline atau garis panduan pada ponsel pintar untuk menghasilkan fotografi yang memukau. (foto: ANTARA/Natisha Andarningtyas)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPonsel pintar dengan teknologi mutakhir telah membawa kualitas foto ke level baru. Hasil kamera ponsel pintar tak kalah dengan kamera profesional.

Beawiharta, seorang jurnalis foto berpengalaman, mengatakan bahwa ponsel pintar sudah didukung dengan lensa berkualitas, Selain itu, kamera di ponsel pintar sudah tersemat beragam fitur, termasuk mode profesional yang mengesankan.

"Ini adalah kamera dalam wujud ponsel," tegas Beawiharta, saat lokakarya bersama Xiaomi Indonesia di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (23/10/2023)

Bagi mereka yang ingin menghasilkan foto layaknya menggunakan kamera profesional, Beawiharta memberikan beberapa panduan yang perlu diperhatikan saat memotretnya dengan ponsel:

  1. Perlakukan Ponsel sebagai Kamera: Meskipun secara fisik merupakan bagian dari ponsel, Beawiharta menyarankan agar kita memperlakukan kameranya sebagai sebuah kamera sungguhan, bukan sekadar ponsel. Karena itu, penting untuk menguasai teknis fotografi sebelum memulai pemotretan. Pastikan Anda memahami berbagai lensa yang tersedia dan menggunakan lensa yang tepat sesuai dengan tujuannya.

  2. Manfaatkan Garis Panduan (Gridline): Gridline atau garis panduan horizontal dan vertikal yang muncul di layar ponsel berfungsi sebagai panduan untuk meletakkan objek yang akan difoto. Jika pernah merasa terganggu dengan hasil foto, mungkin karena penempatan garis horizontal atau vertikal tidak sesuai. Sebagai contoh, ketika memotret pohon secara miring, hasilnya mungkin tidak optimal karena pohon sehari-hari memiliki bentuk vertikal. Untuk memastikan objek Anda sejajar dengan gridline, Anda perlu menyesuaikan posisi pemotretan dan memutar ponsel jika diperlukan.

  3. Amati Sebelum Memotret: Sebelum mulai memotret objek, sangat penting untuk mengamati sekitarnya terlebih dahulu, agar Anda bisa menentukan sudut terbaik untuk pengambilan gambar. Misalnya, jika objek terlalu jauh, Anda bisa mendekat untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Observasi juga membantu menghindari objek-objek yang tidak diinginkan masuk ke dalam bingkai.

  4. Manfaatkan Mode Pro atau Potret: Untuk hasil terbaik, gunakan mode profesional atau potret pada ponsel Anda. Ini akan menghasilkan foto yang lebih tajam dan mengesankan.

  5. Perhatikan Tata Komposisi: Menciptakan tampilan visual yang efektif berarti Anda perlu memperhatikan komposisi. Beawiharta mengingatkan bahwa tidak semua objek harus dimasukkan ke dalam bingkai untuk menciptakan tampilan visual yang efektif. Jika perlu, ambil dua foto berbeda untuk menyoroti objek yang ingin ditampilkan.

Dengan pedoman-pedoman ini, Anda bisa menghasilkan foto-foto profesional yang memukau dengan mudah menggunakan ponsel Anda. Selamat berpetualang dalam dunia fotografi! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES