
TIMESINDONESIA, SURABAYA – Perusahaan provider Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) memastikan kapasitas unit Base Transceiver Station (BTS) telah mengcover seluruh area di Jatim untuk mengantisipasi lonjakan traffic data pada momen mudik lebaran tahun 2024.
SVP Head of Region East Java Indosat Ooredoo Hutchison, Prio Sasongko bersama VP Head of Media Management IM3, Wisnu Wardhana memprediksi akan terjadi lonjakan traffic telekomunikasi lebih dari 20 persen sejak H-1 Idul Fitri.
Advertisement
"Kami memprediksi kenaikan trafik data akan lebih tinggi dari tahun lalu yang sekitar 20 persen selama periode libur lebaran," kata Prio Sasongko saat acara media update dan buka bersama di Surabaya, Rabu (13/3/2024).
Lonjakan traffic tersebut karena adanya peningkatan penggunaan aplikasi dan messaging atau pesan singkat berbasis video.
"Penggunaan data itu antara lain tertinggi YouTube, lalu TikTok, Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Kebanyakan untuk berbagi momen silaturahmi selama libur lebaran," sambungnya.
Guna mengantisipasi hal tersebut, IoH sudah mempersiapkan diri dengan menambahkan kapasitas data lebih banyak.
Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan pada titik pusat keramaian di seluruh tanah air.
Seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.
Sementara untuk mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di jalur kereta, jalan tol termasuk tol Jakarta-Surabaya, dan jalan non-tol seperti Padang-Bukit Tinggi dan Banjarmasin-Martapura.
"Karena berdasarkan pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, Indosat mengantisipasi peningkatan lalu lintas data tertinggi di area Jawa Barat, Banten, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," ucap Wisnu.
Ia juga memastikan jika Indosat telah 100 persen dalam mengintegrasikan jaringannya dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN).
Total lebih dari 46 ribu sites di seluruh Indonesia. Integrasi sites tersebut mendapat dukungan dari para mitra perusahaan telekomunikasi.
Kini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32 persen populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat.
Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20 persen pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming.
Komitmen memberikan pengalaman telekomunikasi digital terbaik bagi pelanggan, semakin diperkuat dengan diaktifkannya command center fisik terpusat sejak H-3 Lebaran.
Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim Indosat Network Operation Center (INOC) dan Indosat Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24/7.
Layanan Indosat Ooredo Hutchison (IoH) memanjakan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan.
Tak hanya itu saja. Indosat juga mengeluarkan paket IM3 Freedom Internet sejak momen Ramadan.
Wisnu Wardhana, VP Head of Media Management IM3 mengatakan, kehadiran paket ini sebagai upaya merangkul jarak antar generasi melalui kemudahan konektivitas dalam kampanye "Nyatakan Silaturahmi" yang didukung oleh produk Freedom Internet tersebut.
"Total 150 GB dengan harga lebih hemat," tandasnya saat acara media update bersama Indosat Ooredo Hutchison.(*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Irfan Anshori |
Publisher | : Rizal Dani |