Tekno

Pantau Kualitas Jaringan Seluler Lebaran dengan Aplikasi SIGMON

Kamis, 11 April 2024 - 01:17 | 98.98k
Aplikasi SIGMON
Aplikasi SIGMON

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Wayan Tony Supriyanto, mengungkapkan bahwa warga kini dapat memantau konektivitas selama masa mudik dan Lebaran 2024 melalui aplikasi SIGMON.

SIGMON, aplikasi pengukur kecepatan konektivitas, dapat diunduh oleh pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi Android maupun iOS. Dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi secara real-time di lokasi mereka berada.

Dalam wawancara dengan ANTARA, Wayan menjelaskan, "Masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi SIGMON untuk melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di lokasi mereka berada secara real-time. Data hasil pengukuran SIGMON akan secara otomatis terkirim ke sistem Pusat Monitoring Telekomunikasi (PMT). Apabila terdapat hasil pengukuran di bawah 1 Mbps, maka sistem PMT akan mengirimkan tiket kepada operator untuk ditindaklanjuti dan dilakukan perbaikan."

Aplikasi SIGMON dilengkapi dengan beragam fitur, seperti Speed Test, Web Test, Video Test, Multi Test, My Stat, RF Parameter, Route Test, dan Network Map. Fitur-fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memeriksa kecepatan dan kualitas jaringan saat mengakses layanan digital.

Dany Suwardany, Direktur Pengendalian Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, menjelaskan bahwa SIGMON hadir dengan harapan memberikan gambaran kualitas layanan jaringan seluler, termasuk layanan internet, SMS, dan telepon. "Pengguna bisa menggunakan fitur speed test untuk mengukur video atau pelayanan web nanti bisa keluar hasilnya," tambah Dany.

SIGMON, singkatan dari Signal Monitoring, tersedia untuk pengguna ponsel Android maupun iOS. Pengguna dapat membuat akun baru untuk mengakses layanan SIGMON dengan lebih mudah, baik melalui akun Google maupun media sosial Facebook.

Fitur utama SIGMON terletak pada "Speed Test", "Web Test", "Video Test", "Multi Test", "My Stat", "RF Parameter", dan "Route Test". Melalui fitur-fitur tersebut, pengguna dapat memantau kecepatan dan kualitas jaringan serta melakukan pengukuran teknis.

Kemenkominfo berencana untuk menyediakan layanan aduan jika ditemukan hasil jaringan yang tidak memuaskan. Saat ini, fitur serupa baru tersedia untuk perwakilan pemerintah daerah, namun akan segera tersedia untuk publik.

"Dengan adanya aplikasi SIGMON, diharapkan masyarakat dapat memberikan feedback langsung untuk meningkatkan kualitas layanan seluler yang lebih baik," ungkap Dany.

Dengan aplikasi SIGMON, memantau kualitas jaringan seluler menjadi lebih mudah dan transparan bagi masyarakat Indonesia, terutama selama masa mudik dan Lebaran 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES