Tekno

Strategi Saingk TikTok, Facebook Siapkan Cuan Lewat Fitur Story

Jumat, 14 Maret 2025 - 16:52 | 80.18k
Facebook.menghadirkan fitur monetisasi pada konten Story, yang memungkinkan kreator mendapatkan bayaran berdasarkan jumlah penonton.
Facebook.menghadirkan fitur monetisasi pada konten Story, yang memungkinkan kreator mendapatkan bayaran berdasarkan jumlah penonton.
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, JAKARTAFacebook terus berinovasi untuk mendukung para kreator konten dalam menghasilkan pendapatan. Terbaru, platform besutan Meta ini menghadirkan fitur monetisasi pada konten Story, yang memungkinkan kreator mendapatkan bayaran berdasarkan jumlah penonton.

Dilansir dari TechCrunch pada Kamis (13/3), opsi monetisasi ini tersedia secara global bagi kreator yang tergabung dalam Program Facebook Content Monetization. Fitur ini menjadi tambahan dari skema monetisasi yang telah ada, seperti In-stream Ads, Ads on Reels, dan Performance Bonus.

Advertisement

Fitur yang Mendorong Kreativitas dan Interaksi

Dengan fitur ini, kreator dapat mengunggah cuplikan video, tutorial singkat, atau momen keseharian melalui Story untuk meraih pendapatan. Misalnya, seorang kreator kuliner dapat membagikan video singkat tentang resep, yang kemudian menarik perhatian audiens dan menghasilkan uang.

Menurut juru bicara Facebook, pembayaran akan bergantung pada kinerja konten tanpa harus mencapai ambang batas tertentu untuk mulai menghasilkan uang. Kreator yang sudah bergabung dalam program monetisasi tidak perlu melakukan langkah tambahan untuk mengaktifkan fitur ini.

Strategi Meta Saingi TikTok

Langkah ini dianggap sebagai strategi Meta untuk menarik kreator TikTok agar beralih ke Facebook dan Instagram. Sebelumnya, Meta telah menawarkan bonus tunai, kesepakatan konten, hingga dukungan komunitas untuk memperkuat ekosistem kreator di platform mereka.

Pada tahun 2024, Facebook mengundang jutaan kreator untuk bergabung dalam program monetisasi konten. Mereka yang belum bergabung dapat mendaftar melalui situs resmi program.

Pendapatan Fantastis untuk Kreator

Meta melaporkan bahwa sejak memperkenalkan program monetisasi pada 2017, mereka telah membayar lebih dari empat juta kreator dengan total pendapatan lebih dari dua miliar dolar AS (sekitar Rp32,7 triliun). Angka ini terus meningkat seiring dengan inovasi yang diberikan oleh platform.

Dengan fitur monetisasi pada Story, Facebook berharap dapat meningkatkan jumlah konten yang diunggah serta memperkuat hubungan antara kreator dan audiens, sekaligus memperluas peluang pendapatan di era ekonomi digital. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES