Wisata

Menparekraf Ri Kagumi Dalang Cilik Zahria di Desa Wisata Buwun Sejati, Lombok Barat

Minggu, 26 Juni 2022 - 07:14 | 73.53k
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Buwun Sejati, Lombok Barat.(FOTO: Dinas Pariwisata Lombok timur)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Buwun Sejati, Lombok Barat.(FOTO: Dinas Pariwisata Lombok timur)

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARAT – Penampilan apik dan luar biasa dari dalang cilik Zahria Febrianti menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI) Sandiaga Salahudin Uno di Desa Wisata Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB, Sabtu (25/6/2022).

Dalam pentas wayang dihadapan Sandiaga Uno dan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Zahria yang juga siswa kelas 3 SDN 1 Buwun Sejati ini mengisahkan tentang kisah religi yang banyak hikmah.

Advertisement

Siswa sekolah pedalangan jati suware Desa Buwun Sejati pimpinan Dalang Sukardi ini mempesona Sandiaga Uno. Ia kemudian menyempatkan berdialog langsung dengan dalang cilik Zahria.

mengunjungi-Desa-Wisata-Buwun-Sejati.jpgMenteri Sandiaga Uno bersama dalang cilik Zahria Febrianti. (FOTO: Dinas Pariwisata Lombok timur)

Dalam dialog tersebut Sandi mengatakan bahwa dalang cilik Zahra yang masih berusia 10 tahun ini merupakan aset bangsa dan generasi penerus budaya bangsa. Menurutnya, perlu ada upaya upaya seperti di Desa Wisata Buwun Sejati untuk melestarikan kelompok dalang sehingga kesenian wayang bisa berkelanjutan.

Ia memuji Desa Wisata Buwun Sejati dan Bupati Lombok Barat yang telah berhasil melahirkan dalang cilik yang merupakan generasi penerus budaya bangsa.

"Ini merupakan langkah maju dari desa wisata buwun sejati dan Bupati Lombok Barat yang dapat melahirkan dalang cilik seperti Zahria" ujarnya.

Sandiaga mengaku kagum dengan Desa Wisata Buwun Sejati. Selain panorama alam desa yang indah, salah satu hal menarik adalah desa ini juga menunjukan ketahanan panganan agrowisata.

“Kita lihat tadi beberapa kearifan yang timbul karena masyarakat yang agraris. Di saat ekonomi penuh tantangan misalnya krisis pangan dan krisis energi yang mulai kita rasakan, justru Desa Wisata Buwun Sejati ini menawarkan suatu solusi bahwa mereka bisa mandiri,” ungkap Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES