Wisata

Asyiknya Belajar Sambil Wisata di Agrowisata Kebun Pak Inggih Gresik

Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:02 | 35.64k
Siswa saat belajar menanam bibit pohon buah. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Siswa saat belajar menanam bibit pohon buah. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Belajar mengajar tak hanya di dalam kelas. Di Gresik, sejumlah siswa SD swasta memilih destinasi Agrowisata Kebun Pak Inggih untuk belajar di luar kelas. 

Wisata yang terletak di Desa Sekapuk Ujungpangkah ini menawarkan pengalaman menanam, memberi pakan ternak, merawat tanaman serta mengenal aneka pohon buah.

Advertisement

Waka Kesiswaan SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik, Farikha mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya sekolah mengimplementasikan pembelajaran yang telah dilakukan di kelas.

"Kegiatannya tadi pengenalan tanaman buah, perawatan, belajar menanam, makan hewan ternak kambing dan kelinci serta outbond, total 108 siswa kelas 1 yang ikut," katanya, Selasa (23/8/2022).

Alasan memilih Wisata KPI, tambah Farikha karena disini para siswa bisa belajar tentang alam sekitar yang asri. Pengalaman menarik pun didapatkan para siswa.

"Saat ini bagaimana anak-anak bisa mengenal kearifan lokal wisata yang ada di Gresik. Tentu anak-anak bisa mendapat pengalaman berharga," tambahnya.

Agrowisata-2.jpgSiswa saat belajar luar kelas di Agrowisata Kebun Pak Inggih Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

Sementara itu, Manajemen KPI Sekapuk, Sekar Dwi Cahyani menerangkan, wisata yang dia kelola memang cocok untuk jujukan wisatawan. Khususnya wisata edukasi.

Di Wisata KPI, imbuh Sekar diilengkapi 17 unit rumah adat, puluhan spot foto, dan aneka jenis pohon perindang dan produksi. Total ratusan jenis pohon.

"Disini bisa belajar bermacam-macam edukasi mulai pertanian, peternakan dan perikanan. Juga bisa melihat aneka Cottages dengan model rumah adat nusantara," ujarnya.

Meski baru dibuka pada Februari 2022, pengunjung datang dari berbagai daerah diantaranya Lamongan, Sidoarjo dan Surabaya. Mereka juga sering menggelar kegiatan belajar sambil wisata.

"Meraka biasanya memakai paket wisata edukasi," imbuh Tim Manajemen Agrowisata Kebun Pak Inggih Gresik usai mendampingi siswa berwisata edukasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES