Wisata

7 Tips Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga Agar Hemat dan Menyenangkan

Rabu, 26 Oktober 2022 - 14:33 | 32.96k
7 Tips Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga Agar Hemat dan Menyenangkan
Ilustrasi berlibur saat akhir tahun bersama keluarga.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Periode libur panjang akhir tahun adalah hal yang dinantikan oleh banyak orang. Berlibur menjadi saat yang tepat untuk melepaskan penat dari padatnya pekerjaan sekaligus menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan kerabat.

Idealnya sejak bulan Oktober saat ini, Anda sudah merencanakan untuk perjalanan liburan panjang akhir tahun di mana libur Natal dan libur Tahun Baru sudah tinggal beberapa bulan lagi.

Untuk merencanakan tujuan liburan, Anda memerlukan rencana perjalanan serta persiapan budget sesuai kebutuhan liburan. Rencana perjalanan dan persiapan budget menjadi penting karena di periode libur panjang akhir tahun harga akomodasi dan transportasi bisa meningkat.

Tetapi kalau Anda tidak sabar untuk menunggu akhir tahun, sebenarnya sah-sah aja buat liburan dan staycation sekarang atau dalam waktu dekat ini! Lebih untung dengan #TravelokaStaycationWeek 2022 Diskon s.d. 70% untuk berbagai produk Traveloka!

Periode booking untuk dapat menikmati promo ini ada di periode 21 Oktober - 3 November 2022. Selain bisa pesan hotel di Traveloka, user juga bisa booking villa, apartemen, resort dan akomodasi privat lainnya di menu Holiday Stays.

Tips Liburan Bersama Keluarga Akhir Tahun

Namun, jika Anda sudah berencana dan berpikir agenda untuk liburan akhir tahun, simak tips liburan akhir tahun yang minim budget berikut:

1.    Tentukan tanggal dan destinasi liburan

Untuk memastikan liburan akhir tahun Anda bersama keluarga menyenangkan, Anda perlu menentukan tanggal serta destinasi liburan di akhir tahun.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tanggal yang pas dengan tanggal cuti, liburan sekolah anak, serta waktu di mana destinasi–destinasi liburanmu tidak terlalu padat. Tanggal-tanggal yang perlu dihindari misalnya adalah H-1 dari tanggal merah.

Menentukan lama periode liburan juga menjadi penting karena akan berdampak pada budget yang perlu Anda keluarkan untuk tiket perjalanan, maupun hotel untuk penginapan. Kalau liburan bersama keluarga terlalu panjang, bisa-bisa kantong Anda malah jebol.

2.    Pilih destinasi wisata sesuai kesepakatan keluarga

Agar liburan keluarga di akhir tahun semakin menyenangkan, Anda juga perlu membuat kesepakatan dengan seluruh anggota keluarga mengenai destinasi wisata yang dituju.

Anggota keluarga yang masih anak-anak juga bisa diberikan pengertian serta pemahaman mengenai kondisi tempat wisata tujuan nanti. Jangan sampai anak-anak mengekspektasikan hal yang tidak akan mereka temukan di tempat tujuan wisata nanti.

Nah untuk menghindari keramaian, pastikan Anda memilih destinasi liburan yang tidak ramai dikunjungi wisatawan. Anda bisa menemukan tempat-tempat rekomendasi wisata yang jarang dikunjungi wisatawan, di laman Traveloka.

3.    Lakukan survei destinasi wisata secara jarak jauh

Jika sudah ada kesepakatan di internal anggota keluarga terkait destinasi yang akan dikunjungi, ada baiknya Anda bersama keluarga “jalan-jalan online” ke destinasi pilihan.

Untuk melakukan survei, Anda bisa dilakukan melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel. Selain itu, dengan melakukan survei Anda bisa mulai menghitung kisaran uang yang Anda butuhkan untuk berlibur ke tempat yang mau keluarga Anda tuju nanti.

4.    Susun budget yang diperlukan

Jika keluarga sudah sepakat dengan tanggal dan tujuan liburan, maka agar liburan akhir tahun berjalan lancar, Anda perlu menyusun budget yang diperlukan.

Susunan budget mesti terperinci mulai dari anggaran tiket perjalanan yang digunakan apakah itu pesawat, kereta ataupun bus, biaya hotel & penginapan, menyewa kendaraan, biaya makan selama liburan, tiket masuk tempat wisata, jajan hingga budget untuk oleh-oleh.

Pilih liburan yang sesuai dengan kemampuan budget Anda. Usahakan tidak melebihi target yang sudah Anda susun. Hal ini perlu agar Anda tidak mengalami defisit keuangan saat liburan.

5.    Persiapkan akomodasi dan transportasi dari jauh hari

Tips liburan akhir tahun selanjutnya ini sangatlah penting, yakni mempersiapkan akomodasi dan transportasi dari waktu yang lama. Hal ini dikarenakan harga tiket pesawat dan hotel yang akan jauh lebih murah. Tidak hanya itu, Anda juga jadi tidak takut karena kehabisan tiket maupun hotel.

6.    Cermat dalam berbelanja

Hal ini harus menjadi pokok pikiran Anda yang terakhir, karena ini seringkali menjadi sumber pengeluaran terbesar Anda saat liburan. Saat pergi ke tempat berlibur, tentu membeli oleh-oleh dan beberapa barang sangat dianjurkan sebagai kenangan.

Kendati demikian, Anda jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama kalau tidak ingin kehabisan uang di hari-hari liburan selanjutnya .Selain itu, carilah tempat berbelanja yang murah tapi bagus. Biasanya berbelanja di pasar tradisional dan pasar tematik akan lebih murah. 

7.    Mencari promo untuk menghemat budget liburan

Jika ada promo kenapa tidak? Akhir tahun pasti akan banyak berbagai macam promo menarik dan diskon yang besar. Gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan semua seperti tiket perjalanan, hotel, paket wisata perjalanan dengan harga yang murah dan Anda bisa menjadi hemat.

Anda bisa lebih untung dengan #TravelokaStaycationWeek 2022 Diskon s.d. 70% untuk berbagai produk Traveloka!

Periode booking untuk dapat menikmati promo ini ada di periode 21 Oktober - 3 November 2022. Selain bisa pesan hotel di Traveloka, user juga bisa booking villa, apartemen, resort dan akomodasi privat lainnya di menu Holiday Stays.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES