Wisata

Menjelajah Wisata Khusus Pendaki Gunung di Kabupaten Pangandaran

Selasa, 15 November 2022 - 00:09 | 44.75k
Menjelajah Wisata Khusus Pendaki Gunung di Kabupaten Pangandaran
Salah Satu lokasi pegunungan di Pangandaran (FOTO: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Selain memiliki daya tarik wisata laut dan sungai, Kabupaten Pangandaran juga memiliki daya tarik wisata khusus bagi pendaki gunung.

Panorama alam pegunungan di Kabupaten Pangandaran juga sangat eksotis dan bisa dikembangkan menjadi wisata khusus bagi para pendaki.

Salah satu pegiat pendakian gunung asal Pangandaran, Acep mengatakan pegunungan yang ada di Kabupaten Pangandaran layak bagi pendaki pemula. "Pendaki gunung biasanya melakukan aktivitas pendakian lantaran hanya ingin bersatu dengan alam," kata Acep, Senin (14/11/2022).

Inilah beberapa pegunungan yang cocok sebagai ajang pendakian pendaki pemula :

Pegunungan Bukit Pilar.

Pegunungan Bukit Pilar ini berlokasi di Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Suasana pegunungan ini menyuguhkan berbagai panorama alam seperti terasering persawahan, hutan dan pemandangan pantai barat Pangandaran.

Sangat jelas terlihat alam Pangandaran dari lokasi pegunungan Bukit Pilar. Untuk menuju lokasi ini, dari Alun-alun Parigi berjarak 45 menit perjalanan darat menuju arah utara jalan Kecamatan Cigugur ke Kecamatan Langkaplancar.

Gunung Godogan.

Gunung Gedogan berlokasi di Dusun Cimenjeti Kaler, Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Jarak dari Bunderan Marlin Pangandaran hanya 1 jam 41 menit (53,2 km) lewat Jl. Raya Cijulang menuju jalan Parigi kemudian di lampu merah belok kanan sampai ke Langkaplancar.

Perjalanan anda akan disuguhkan panorama persawahan dan hutan pinus yang berada disamping kiri kanan jalan. Warga setempat mengaku jika penamaan Gedogan artinya kandang kuda.

Sangat cocok mendaki gunung ini, meskipun tidak sebanyak gunung indah lainnya di Jawa Barat yang sering didatangi pendaki. Memuncak di Gunung Godogan akan lebih eksotis karena masih jarang dijamah pendaki.

Gunung Harendong.

Gunung Harendong berlokasi di Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Paling unik dari Gunung Harendong ini karena letaknya berdampingan dengan Kabupaten Ciamis.

Lokasinya sangat rekomendasi untuk menuju puncak Harendong Pangangonan atau puncak PHP. Di lokasi itu juga sering disebut dengan bumi perkemahan.

Gunung Haur

Gunung Haur berlokasi di Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran. Gunung Haur adalah sebuah geologi yang berasal dari singkapan batuan breksi formasi Jampang yang konon terbentuk pada 18 juta tahun yang lalu.

Gunung yang berada di Cigugur ini memiliki panorama keindahan saat melihat sunrise dan sunset. Bagi pada pendaki yang menginap bisa menikmati keindahan alam dengan camping. Meskipun memiliki jalur yang lumayan terjal, pendaki bisa disuguhkan dengan panorama indah batuan breksi.

Gunung Parang

Gunung Parang berlokasi di Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Gunung Parang ini paling sering dipakai pendaki dari berbagai daerah. Selain panorama alamnya yang eksotis, Gunung Parang bisa melihat indahnya pantai Pangandaran.

Gunung setinggi 758 MDPL ini memiliki magnet para pecinta alam dari kalangan pelajar maupun mahasiswa.

Selain itu di atas puncak Gunung Parang terdapat makam keramat bersejarah yang dikenal dengan Astana Panjang tempat dimakamkannya Sendora dan Sembada yang erat kaitannya dengan sejarah Kabupaten Pangandaran dan daerah Sunda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES