Wisata

Jelang Libur Tahun Baru 2023, Hotel dan Vila di Kota Pagaralam Full Booking  

Senin, 28 November 2022 - 13:44 | 18.37k
Vila eks MTQ yang ada di kawasan kebuh teh Gunung Gare. (FOTO: Agoda)
Vila eks MTQ yang ada di kawasan kebuh teh Gunung Gare. (FOTO: Agoda)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Mendekati libur tahun baru 2023 beberapa hotel dan vila di Kota Pagaralam masih ada yang belum full booking. Kendati demikian, dalam waktu dekat diprediksi akan ramai dan semua vila dan hotel di Kaki Gunung Dempo ini akan full booking seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dikka, pengelola Vila & Hotel Gunung Gare mengaku saat ini untuk pemesanan vila ataupun hotel untuk libur tahun baru masih ada yang kosog tapi sudah tidak banyak lagi. “Masih ada, beberapa kamar hotel dan vila masih ada yang kosong,” katanya, Senin (28/11/2022)

Advertisement

Dia juga memperkirakan jika dalam waktu dekat hunian vila ataupun belasan kamar hotel bakal full. “Biasanya jelang tahun baru semua kamar hotel dan vila pasti penuh," tegasnya seraya mengatakan jika tak ada halangan pihaknya akan menggelar festival musik libur tahun baru.

Masih ada hunian hotel dan vila kosong juga dialami di Orchid Vila dan Besh Dempo Flower yang berlokasi dekat dengan perkebunan teh. “Untuk vila dari tanggal 28 November hingga 4 Desember masih ada 3 kamar kosong. Sedangkan hotel hingga tanggal 1 Desember sudah penuh,” ujar Imam, Owner Orchid Vila.

Lain halnya dengan tingkat hunian vila eks MTQ, saat libur pergantian tahun nanti hunian telah full. “12 vila tiga kamar saat ini telah full booking,” ujar Adi, pengelola vila eks MTQ. 

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam Burlian SE MSi mengatakan, setiap tahun sejumlah hotel dan vila yang ada di Kota Pagaralam khususnya yang ada di Kaki Gunung Dempo pasti penuh. Hal ini sudah menjadi tren setiap tahunnya, bahkan homestay yang dikelola oleh masyarakat jelang tahun baru juga diserbu pengunjung luar kota yang tidak mendaptkan lagi hotel dan vila.

"Biasanya setiap akhir tahun banyak wisataan yang akan menghabiskan tahun barunya di Kota Pagaralam dengan menikmati alam pegunungan yang masih asri," tegas Berlian.

Diakuinya, meskipun saat ini sudah banyak vila dan hotel di Kota Pagaralam, namun setiap akhir tahun pasti penuh dan bahkan kekurangan sehingga hal ini dimanfaatkan oleh homestay yang banyak menjamur di kota Pagaralam untuk menampung tamu-tamu yang ada. Bahkan banyak tamu atau wisatawan memang langsung memilih homestay dibanding hotel atau villa ini tergantung harga dan juga kenyamanan wisatawan sendiri.

Sementara itu BPBD Kota Pagaralam dalam menghadapi Tahun Baru 2023 ini sudah menyiapkan personel Tanggap Darurat Bencana, hal ini untuk mengantisipasi dan menangani kondisi darurat bila sewaktu watu terjadi di Kota Pagaralam. "Sesuai arahan Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni SH kita sudah menyiagakan porsonel tanggap bencana BPBD Kota Pagaralam," tegas Kepala BPBD kota Pagaralam Jhon Asma SIP MM.

Dikatakannya, anggota ini sudah mulai standby sejak masuk Desember dan harus on call dan bergerak dengan cepat jika terjadi bencana di dalam Kota Pagaralam. “Kita juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap bencana dan segera melaporkan jiga terjadi bencana ke pihak BPBD Kota Pagaralam," tegasnya  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES