Wisata

Keindahan Berbalut Mistis Pantai Gumuk Kancil Banyuwangi

Selasa, 28 Februari 2023 - 09:14 | 31.79k
Suasana Pantai Gumuk Kancil, di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Suasana Pantai Gumuk Kancil, di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Nama Pantai Gumuk Kancil, tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Banyuwangi, Jawa Timur.

Tempat wisata di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, tersebut dikenal indah. Dengan hamparan pantai nan luas. Udara yang sejuk khas alam perawan.

Advertisement

Destinasi yang satu ini sangat cocok dijadikan jujugan rekreasi bersama keluarga atau orang tersayang. Cocok juga untuk pengambilan foto serta video pre wedding.

Soal memanjakan mata, Pantai ini memang sudah tidak perlu diragukan. Namun siapa sangka, dialik eksotisme suasana, gundukan tanah mungil tersebut menyimpan nuansa mistis yang kental.

Nuansa mistis di Pantai Gumuk Kancil

Pengelola wisata Pantai Gumuk Kancil, Slamet Hariyanto menyebutkan. Kata Gumuk Kancil bermakna bukit kancil. Konon, di lokasi setempat warga sering melihat adanya penampakan kancil berkaki tiga. Dan ketika diikuti, binatang itu selalu menghilang di bukit tersebut.

Karena dianggap sebagai makhluk ghaib, akhirnya masyarakat menganggap sakral. Dari informasi mulut ke mulut, Gumuk Kancil semakin dianggap sebagai tempat bertuah. Warga pun berdatangan menggelar ritual untuk tujuan tertentu.

“Selain wisata pantai, Gumuk Kancil juga menjadi wisata religi,” kata Slamet, Selasa (28/2/2023).

Jadi, lanjut Slamet, pengelolaan Pantai Gumuk Kancil menjadi salah satu destinasi wisata merupakan upaya masyarakat untuk melestarikan tradisi leluhur. Sekaligus mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, khususnya dalam mendorong kemajuan sektor pariwisata.

Diceritakan, pengelolaan Pantai Gumuk Kancil dilakukan masyarakat sekitar sejak 2017 silam. Awalnya, warga bekerja bakti untuk membersihkan lokasi dari semak belukar. Kemudian, dari modal patungan, sejumlah sarana pendukung ditambahkan. Seperti spot selfie dan lainnya.

“Dalam pengembangan, kami mendapat bantuan dari PT Bumi Suksesindo (PT BSI),” bebernya.

PT BSI adalah pelaku investasi tambang emas di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Tepatnya di tahun 2022, anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, memberikan bantuan sarana dan prasarana. Diantaranya, 5 unit Gazebo, 1 buah menara pantau, bangunan pendopo, pavingisasi dan lainnya.

“Perusahaan juga membangun toilet umum. Termasuk ban bekas alat berat, yang kini kita tata dan kita cat warna-warni untuk mempercantik Pantai Gumuk Kancil,” cetus Slamet.

Dengan terus bersolek, kini Pantai Gumuk Kancil menjadi salah satu tempat wisata favorit di wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Atau menjadi tujuan rekreasi melengkapi tiga wisata pantai lain di Desa Sumberagung. Meliputi Pantai Pulau Merah, Pantai Cemara Pancer dan Pantai Mustika.

“Karena menjadi wisata religi, kami berharap bisa menambah bangunan tempat ibadah lintas agama. Seperti Mushala, Vihara, Pura, Gereja dan lainnya,” ungkap Slamet.

 “Saat ini kita mulai dengan membangun pondasi mushala,” imbuhnya.

Seperti diketahui, wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, memang merupakan lokasi investasi PT BSI, selaku pemegang izin Usaha Pertambangan Operasi Prodüksi (IUP OP) Emas dan Mineral Pengikutnya, Nomor 188/547/KEP/429.011/2012.

Wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, meliputi Desa Kandangan, Sarongan, Sumberagung, Sumbermulyo dan Pesanggaran.

Anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk tersebut telah dinyatakan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) sesuai Kepmen ESDM Nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini operasi prodüksi di De┼ča Sumberagung, Kecamatan pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebagai pelaku investasi, PT BSI memang terus menancapkan komitmennya kepada masyarakat. Program PPM terus digelontorkan dengan 8 program utama.

Program PT Bumi Suksesindo tersebut yaitu program bidang pendidikan, kesehatan, tingkat pendapatan riil atau pekerjaan, kemandirian ekonomi, sosial budaya, lingkungan, pembentukan lembaga komunitas dan infrastruktur.

Salah satu sasaran dari program itu adalah turut mengembangkan Pantai Gumuk Kancil di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES