Wisata

Kirab Tumpeng Ketupat Meriah di Kampung Coklat Blitar, Sensasi Lezat dan Unik yang Tak Terlupakan!

Sabtu, 29 April 2023 - 18:22 | 90.95k
Suasana meriah menyelimuti Kampung Coklat di Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur saat tradisi unik Lebaran Ketupat
Suasana meriah menyelimuti Kampung Coklat di Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur saat tradisi unik Lebaran Ketupat

TIMESINDONESIA, BLITAR – Suasana meriah menyelimuti Kampung Coklat di Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur saat tradisi unik Lebaran Ketupat digelar dengan atraksi Kirab Tumpeng Ketupat Coklat

Acara yang diadakan setiap tahun ini selalu menarik perhatian pengunjung. Pada tahun ini, sebanyak 3.000 ketupat coklat tersaji dan disusun menjadi gunungan atau tumpeng yang menggugah selera.

Karyawan Kampung Coklat dengan semangat mengarak tumpeng ketupat coklat ini ke seluruh wahana lokasi wisata. Begitu tiba di tempat yang ditentukan, tumpeng ketupat coklat langsung diperebutkan oleh para wisatawan yang antusias. 

Ratusan pengunjung berebut dan ingin merasakan sensasi rasa unik ketupat coklat yang memiliki kombinasi gurih nasi ketupat dan manis pahit bubuk coklat murni.

Menikmati ketupat coklat semakin sempurna ketika disantap bersama opor ayam yang telah disiapkan oleh pengelola Kampung Coklat Blitar. Kelezatan makanan ini bisa dinikmati secara gratis oleh seluruh pengunjung yang hadir.

Tradisi Kirab Tumpeng Ketupat Coklat ini telah berlangsung selama 8 tahun lamanya. Kampung Coklat Blitar sengaja mengadakan acara ini sebagai wujud pelestarian budaya Jawa, yang mana memberikan sedekah berupa ketupat di hari lebaran ke-7. 

Ketupat sendiri memiliki filosofi lepat yang artinya memaafkan, sehingga momen ini menjadi ajang saling memaafkan di akhir hari raya Idul Fitri.

Kegiatan Kirab Ketupat Coklat ini telah menjadi agenda tahunan yang diakui oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Blitar dan Provinsi Jawa Timur. Dalam rencana tahun depan, Kampung Coklat Blitar akan menghadirkan tumpengan ketupat coklat dalam jumlah yang lebih besar. Yakni sebanyak 10 ribu ketupat. 

Para wisatawan diundang untuk datang di hari ke-7 lebaran dan mencicipi kelezatan kuliner ketupat coklat khas Kampung Coklat Blitar yang tak terlupakan.

Momen lebaran tahun ini menjadi kesempatan bagi Kampung Coklat Blitar untuk menunjukkan peningkatan jumlah pengunjung yang cukup signifikan. Terhitung pada hari ke-2 lebaran, jumlah pengunjung yang memadati tempat wisata Kampung Coklat Blitar mencapai lebih dari 6.000 wisatawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES