Wisata

Waduk Lecari, Oase di Tepi Banyuwangi

Selasa, 06 Juni 2023 - 05:34 | 259.72k
Pengunjung sedang menikmati salah satu fasilitas di destinasi wisata Waduk Lecari. (Foto : Doc. TIMES Indonesia)
Pengunjung sedang menikmati salah satu fasilitas di destinasi wisata Waduk Lecari. (Foto : Doc. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Lagi dan lagi, Banyuwangi dengan secuil surga dunianya. Bukan pantai maupun kawah yang akan TIMES Indonesia bicarakan. Melainkan sebuah waduk. Atas inisiatif dari warga lokal dan pihak-pihak terkait, gubahan dari sungai menjadi wisata dapat terealisasikan. Tempat vakansi itu adalah Waduk Lecari, berlokasi di Dusun Sumberejo, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Senin(5/6/2023).

Merupakan bagian dari sungai yang mengalir di perbatasan Desa Wringinagung dan Desa Tegalsari. Awalnya wisata Waduk Lecari merupakan sungai yang dibendung hingga menjadi waduk untuk pengairan sawah. Sebelumnya waduk ini tidak terawat dan penuh sampah. Akan tetapi atas inisiatif desa dan pendampingan dari kecamatan serta dinas terkait, warga desa mulai bergerak untuk memaksimalkan potensi waduk dengan mengembangkan sektor perikanan dan pariwisata.

Advertisement

Menawarkan suasana tenang dibalut rimbunnya dedaunan pohon bambu, destinasi wisata Waduk Lecari sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai. Di sisi lain terdapat perahu bambu dan perahu dayung, akan cocok dinikmati oleh kawula yang tengah kasmaran. Sepertinya suasana romantis dari kerlipan lampu hias di malam hari sangat pas jika dihabiskan bersama orang terkasih di sini.

Dikembangkan sejak tahun 2018, back to nature merupakan konsep yang diusung oleh wisata Waduk Lecari.

Selain menawarkan sejumlah fasilitas menarik yang bisa dinikmati pengunjung.Wisata Waduk Lecari juga menyediakan berbagai jenis kuliner. Ada olahan ikan air tawar, mulai ikan seperti patin dan nila tersedia di sejumlah warung yang berada di area Waduk Lecari. Sajian menu baik bakar, goreng ataupun kukus (pepes) bisa kamu request dan nikmati di sini. Mantapnya lagi semua ikan itu pastinya segar, sebab langsung diambil dari keramba di area waduk. Fresh from the waduk.

Yang tak kalah menarik, selama berada di tempat wisata unggulan di Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi ini, pengunjung bisa rileks sambil memancing ikan. Tentu saja akan membuat semakin betah untuk berlama-lama.

Jadi, kapan alat pancingmu keluar dari peraduan dan melemparkan umpan pada ikan-ikan di Waduk Lecari? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES