Wisata

Gelar KarnavALL Batik Nusantara, Hotel Ibis Styles Malang Ajak Tamu Membatik

Selasa, 03 Oktober 2023 - 07:31 | 55.22k
Talkshow KarnavALL Batik Nusantara di Hotel Ibis Styles Malang, Senin (2/10/2023). (FOTO: Syafira Anastasya Salsabillah/TIMES Indonesia).
Talkshow KarnavALL Batik Nusantara di Hotel Ibis Styles Malang, Senin (2/10/2023). (FOTO: Syafira Anastasya Salsabillah/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANGIbis Styles Malang menyelenggarakan kegiatan karnavALL Batik Nusantara selama satu bulan penuh. Kegiatan ini menjadi bagian peringatan Hari Batik setiap 2 Oktober, sebagai warisan budaya nasional yang sudah diakui UNESCO.

Kegiatan peringatan Hari Batik yang dimulai, Senin (2/10/2023) ini mengandeng Soendari Batik Malang.

Peringatan hari batik juga dilakukan secara hybrid bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang  berlangsung di Yogyakarta di The Phoenix Hotel Yogyakarta yang diikuti oleh seluruh Property  Accor Group Seluruh Indonesia.

Hotel ibis styles Malang  menghadirkan Soendari batik yang memamerkan produk batiknya mulai dari kain batik, baju, tas, topi dan lain lain. Batik corner yang disertai dengan talkshow ini diadakan di area lobby hotel. Tamu bisa melihat langsung koleksi dari Soendari Batik Malang dan dapat ikut serta dalam proses kegiatan mencanting kain batik.

Demo mencanting batik dimulai dengan mencanting kain kecil yang sudah terdapat sketsa gambar.

Talkshow seputar batik dihadiri diisi oleh pendiri Soendari Batik Malang Satrya Paramanandana dan Faradila, influencer malang. Pada talkshow ini, Satrya menjelaskan bahwa Motif-motif Batik yang dipamerkan pada kesempatan kali ini. Mulai motif topeng, apel, trembesi dan teratai. Teknik yang digunakan Soendari batik dalam pembuatan batik, yakni tulis dan cap.

Talkshow-KarnavALL-Batik-Nusantara-a.jpgKegiatan Mencanting Kain Batik oleh Ina Rianawati selaku General Manager dan Faradila selaku Influencer Malang Pada Acara KarnavALL Batik Nusantara di Hotel Ibis Styles Malang, Senin (2/10/2023). (FOTO: Syafira Anastasya Salsabillah/TIMES Indonesia).

Faradila, influencer malang menceritakan ketertarikan pada kain batik. Salah satu motif yang disukai, yakni topeng-topeng, pekalongan. Selain itu influencer ini sering membeli batik dari setiap daerah. “Saya suka koleksi batik dari pekalongan karena terdapat aksen motif alam dan hewan,”jelasnya.

Ina Rianawati, general manager hotel ibis Styles Malang mengungkapkan, rangkaian kegiatan batik corner ini akan dilaksanakan selama 1 bulan penuh, dan akan didampingi oleh tim dari Soendari Batik Malang untuk kegiatan mencanting batik disetiap hari Jumat & Sabtu pada lobby area hotel.

Selain itu pihak hotel memberikan promo khusus untuk setiap pemesanan kamar dan sudah termasuk souvenir yang akan diberikan ke customer. Promo pemesanan kamar berlaku hingga akhir tahun 2023.

“Souvenir yang kami berikan berupa dompet batik dan terdapat makanan tradisional yang bermotif batik,” ucap Ina Rianawati.

Ina berharap, peringatan Hari Batik menjadi wadah sinergi bersama bagi Ibis Styles Malang dengan perajin batik untuk bisa membangun, mengembangkan serta mensosialisasikan perkembangan batik di kota malang dari berbagai aspek budaya, pemanfaatan teknologi, maupun peningkatan ekonomi dalam industri batik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES