Wisata

Bukan Pacitan! Wilayah Pesisir Ini Malah Terkenal dengan Wisata Gunungnya

Jumat, 13 Oktober 2023 - 01:51 | 54.09k
Keindahan Wisata Gunung Bromo, Pasuruan yang jadi andalan. Meski Pasuruan juga wilayah pesisir (foto: bet)
Keindahan Wisata Gunung Bromo, Pasuruan yang jadi andalan. Meski Pasuruan juga wilayah pesisir (foto: bet)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Kabupaten Pacitan dan Kabupaten/Kota Pasuruan adalah wilayah di Jawa Timur, yang letaknya sama-sama di pesisir pantai. Bila Pacitan berada di tepi pantai selatan, lain hal nya dengan Kabupaten/Kota Pasuruan yang lokasinya di tepi pantai utara.

Mobilitas di Kabupaten Pacitan dan Pasuruan terbilang cukup tinggi. Banyak orang berkunjung ke dua wilayah ini dengan berbagai kepentingan seperti wisata, bisnis maupun pemerintahan.

Dalam hal segi wisata, Kabupaten Pacitan terkenal dengan sejumlah wisata pantainya yang indah dan pemandangannya yang mempesona. Karena dianugerahi deburan ombak Pantai Selatan yang besar, dan kondisi geografis tepian pantai khas daerah tropis

Sedangkan Kabupaten Pasuruan, meski sama-sama terletak di tepi laut, namun tidak mempunyai garis pantai yang landai dan panjang, yang bisa dijadikan destinasi wisata andalan.

Namun Kabupaten Pasuruan lebih terkenal dengan destinasi wisata alam pegunungan, atau dataran tinggi. Simak saja seperti daerah Kecamatan Prigen (Tretes), Kecamatan Tutur (Nongkojajar) dan Kecamatan Tosari yang lebih tersohor dengan wisata Gunung Bromo nya

Para wisatawan yang berkunjung ke Bromo dari pintu masuk Malang maupun Probolinggo, pasti akan menikmati keindahan terbitnya matahari atau Sun Rise dari view point di Penanjakan, yang masuk wilayah Kabupaten Pasuruan.

Secara geografis, Kabupaten Pacitan dan Kabupaten/Kota Pasuruan memiliki jarak yang tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 287 kilometer. Untuk dapat sampai ke Kabupaten/Kota Pasuruan atau sebaliknya, Anda akan menempuh perjalanan dengan estimasi waktu selama 7 hingga 8 jam.

Meski sama-sama merupakan wilayah pesisir dengan Pacitan, namun Pasuruan terkenal dengan wisata Gunung Bromo yang mendunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES