Wisata

Fenomena Keindahan Pasir Berbisik di Kaldera Bromo

Jumat, 12 April 2024 - 18:14 | 30.41k
Kawasan Pasir Berbisik Gunung Bromo (Foto: Istimewa)
Kawasan Pasir Berbisik Gunung Bromo (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PASURUANPasir Berbisik adalah julukan populer yang diberikan untuk lautan pasir yang ada di kaldera Gunung Bromo. Dengan luas lebih dari 5.300 hektar yang membentang di sisi timur kawah, lokasi ini menjadi salah satu magnet utama yang populer dikunjungi oleh wisatawan.

Lebih dari sekedar hamparan pasir di area kawah Gunung Bromo, lokasi ini ternyata juga menyimpan sejumlah fakta unik yang penting untuk diketahui. Lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini:

Padang pasir ini juga memiliki fenomena unik. Ketika angin bertiup, butiran-butiran pasir akan berterbangan dan terdengar seperti bisikan yang sampai ke telinga setiap orang yang melewatinya. Itulah mengapa dinamai pasir berbisik. Berbeda dengan padang savana Bromo, area ini terlihat bukan tempat yang baik untuk vegetasi, baik rerumputan maupun pohon.

Alhasil, hanya ada hamparan pasir yang terlihat sejauh mata memandang. Meski demikian, ngarai lembah tinggi yang mengelilingi lokasi ini terlihat seperti dinding alami yang cocok untuk melakukan aktivitas seru, seperti:

1. Berkeliling di Lokasi Pasir Berbisik

Hamparan pasir landai di lokasi ini membuatnya cukup mudah untuk dilalui kendaraan, terutama Jeep. Berfoto di atas kendaraan dengan latar belakang padang pasir hingga kini menjadi spot favorit para wisatawan. Selain Jeep, kamu juga bisa mengendarai motor trail yang bisa dengan mudah didapat dengan menyewa. Medan berpasir bisa menjadi rintangan unik untuk memacu adrenalinmu.

2. Berkuda

Selain menikmati Sunrise Bromo dan mengunjungi Bukit Teletubbies, aktivitas berkuda juga bisa jadi alternatif yang menarik. Para penduduk setempat banyak yang menyewakan kuda untuk wisatawan yang ingin berkeliling tanpa merasa lelah di atas padang pasir.

Di area ini juga tersedia beberapa fasilitas seperti toilet, penjual makanan dan minuman hangat. Jadi kamu tidak perlu khawatir saat ingin berlama-lama menelusuri kawasan ini. Bahkan jika kamu memerlukan baju hangat atau perlengkapan lainnya, banyak penjual yang akan dengan senang hati membantu menyediakannya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES