Adv

Abdul Gani Kasuba Lepaskan 40 Jemaah Umroh dan 8 Rohaniawan Kristen ke Yarusalem

Senin, 23 Januari 2023 - 20:34 | 21.39k
Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba saat memberikan pengarahan pelapasan jemaah umroh (FOTO: Dok Pemprov Malut)
Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba saat memberikan pengarahan pelapasan jemaah umroh (FOTO: Dok Pemprov Malut)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Pemerintah Provinsi Maluku Utara kembali memberangkatkan 40 jemaah umroh asal Maluku Utara yang secara simbolis dilepas Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba di aula Asrama Haji Ternate, Senin (23/01/23).

Kepala Biro Kesra Provinsi Maluku Utara Rahma Hasan menjelaskan keberangkatan jemaah pada awal tahun 2023 sebanyak 40 jemaah ditambah 8 orang jemaah Kristen untuk  wisata rohani ke Yerusalem.

Advertisement

"Mereka akan berangkat pada besok hari Senin menuju Jakarta dan kemudian melakukan manasik selama dua hari dan nanti tanggal 26 baru berangkat ke Jeddah, Saudi Arabia," kata Karo Kesra

"40 orang ini adalah calon jemaah umroh yang belum sempat diberangkatkan pada tahun sebelumnya begitu juga 8 jemaah Kristen yang akan ke Yerusalem," kata Karo Kesra.

Gubernur Maluku Utara dalam sambutannya mengatakan perjalanan umroh kurang lebih 9 sampai 10 hari tersebut harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya.

Tentunya sebelum berangkat akan dibimbing oleh para pembimbing bagaimana melakukan manasik karena saat tiba di Makkah atau Jeddah suasananya sudah berbeda jauh dari sejarah yang dipelajari sebelumnya.

Abdul-Gani-Kasuba-2.jpgJemaah umroh saat mengikuiti pelepasaan oleh Gubernur Maluku Utara (FOTO: Dok Pemprov Malut)

Oleh karena itu, Gubernur berharap dalam mengikuti manasik nanti para pembimbing dapat memberikan yang terbaik untuk para jemaah umroh.

"Saya harap selama berada di Makkah sudah bisa khatam 1 jus Al-Qur'an dan pada saat kembali nanti dapat menjadi panutan bagi masyarakat di masing-masing lingkungan," kata Gubernur.

Sementara, Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara Amar Manaf dalam sambutannya juga mengatakan setiap tahun pemerintah provinsi Maluku Utara menyiapkan anggaran untuk kegiatan umroh dan mendorong anggaran untuk kegiatan keagamaan di berbagai agama di Maluku Utara.

Itu semua memberi pelajaran kepada kita bahwa Pemda berharap setiap tahun ada peningkatan küalitas iman dan takwa kita kepada Allah SWT," katanya.

Harapannya, jemaah yang diputuskan gubernur untuk melaksanakan umroh yaang apabila setelah pulang nanti ke kampung halaman menjadi orang-orang yang dipedomani.

"Artinya kita semua punya kewajiban untuk mendorong, tidak hanya keluarga kita tetapi masyarakat kita saat melaksanakan umroh yang selama ini belum pernah ke Arab Saudi hanya mendengar berbagai berita dan hanya belajar sejarah namun sehari dua akan melihat secara langsung sejarah perkembangan Islam dari awal kenabian sampai saat ini," kata Amar.

Hadir dalam upacara pelepasan jemaah umroh tersebut, Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara Amar Manaf, Karo Kesra Rahma Hasan dan Karo Adpim Rahwan K Suamba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES