Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Zakiah Aini adalah Perempuan Ceria dan Model Dewasa

Sabtu, 03 April 2021 - 13:44 | 213.49k
Sebuah pesan berantai yang beredar di WhatsApps Grup tentang Zakiah Aini merupakan perempuan ceria dan model dewasa.
Sebuah pesan berantai yang beredar di WhatsApps Grup tentang Zakiah Aini merupakan perempuan ceria dan model dewasa.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Informasi tentang Zakiah Aini merupakan perempuan ceria dan model dewasa beredar melalui media sosial, WhatsApps. Dalam pesan berantai yang beredar di WhatsApps Grup, menampilkan foto seorang model dewasa yang diklaim adalah Zakiah Aini. 

Foto yang tersebar tersebut juga menyajikan informasi bahwa Zakiah Aini merupakan korban doktrin radikal bersama dengan temannya.

Advertisement

Dalam pesan berantai tersebut juga menampilkan sebuah narasi sebagai berikut: 

Nich foto Almh Zakiah Aini sebelum jadi teroris dan mati sahit di tembak di Mabes Polri...adalah perempuan Ceria

Mulanya di ajak temen ikut-ikut pengajian akhirnya terdokrin Radikal. Sayang tmn nya ga jadi teroris jg , malah TAKUT mati jadi endinya kurang seru nih

cek-fakta-Zakiah-3.jpgSumber: WhatsApp Group

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia informasi terkait Zakiah Aini yang merupakan perempuan ceria dan model dewasa merupakan informasi hoaks. Sebab, informasi yang dicantumkan tersebut bukan fakta yang sebenarnya. Tidak ada bukti yang mendukung informasi tersebut.

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, foto yang diunggah merupakan karya dari akun fotografi IG, yansproductions.id. Foto tersebut merupakan foto yang diunggah pada 3 November 2020. Foto namun saat ditelusuri lebih lanjut akun ini menggunakan taggar #zakiahaini untuk iku meramaikan karyanya melalui pencarian di Instagram. Tim cek Fakta juga menemukan bahwa foto yang tersebar ini memiliki foto lain yang setema, dan diunggah pada hari yang sama. 

cek fakta Zakiah Aini 3Sumber: Instagram

Menurut penelusuran TIMES Indonesia, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan terduga teroris berinisial ZA (25) yang melakukan penyerangan di Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021) sore berideologi radikal ISIS.

Kapolri menjelaskan, tersangka merupakan mahasiswa di salah satu kampus dan drop out (DO) atau pemutusan hubungan studi pada saat semester lima.

Dari hasil penggeledahan, polisi mendapatkan map kuning yang berisi amplop bertuliskan kata-kata tertentu. Yang bersangkutan juga memiliki akun instagram yang baru saja atau sekitar 21 jam yang lalu mengunggah sesuatu yang terdapat bendera ISIS.

cek fakta Zakiah 4Sumber: Teroris di Mabes Polri, Kapolri: Yang Serang Mabes Berideologi ISIS | TIMES Indonesia

Tim Cek Fakta juga menemukan kemiripan foto yang beredar dengan hasil penelusuran informasi hoaks berjudul [CEK FAKTA] Zakiah Aini Merupakan Model Foto Dewasa. Informasi ini merupakan informasi hoaks yang beredar setelah peristiwa ancaman teror di Mabes Polri.

cek fakta Zakiah 5Sumber: [CEK FAKTA] Zakiah Aini Merupakan Model Foto Dewasa | TIMES Indonesia

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai Zakiah Aini perempuan ceria dan model dewasa yang beredar tersebut merupakan informasi yang salah. Informasi tersebut tidak mencantumkan sumber resmi dan belum ada data resmi terkait kebenarannya.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang Zakiah Aini perempuan Ceria dan Model Dewasa masuk dalam kategori False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES