CEK FAKTA: Hoaks Hasan Bisri Ruqyah Ruang Server BSI
TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bank Syariah Indonesia sedang mengalami kendala sistem server yang membuat aplikasi mobile banking BSI error dan layanan ATM tak bisa digunakan. Di media sosial, beredar sebuah sebuah narasi ruqyah ruang server BSI.
Narasi yang beredar merupakan sebuah tangkapan layar status Facebook seorang bernama Muhammad Zunaidi disebarkan luas di Twtter, Facebook, dan grup WhatsApp. Isinya adalah hoaks yang berupaya menyudutkan BSI. Narasi dalam status Facebook tersebut disertai oleh foto anggota Dewan Pengawas Syariah BSI Didin Hafidhuddin, Mohammad Hidayat, dan Oni Sahroni.
Advertisement
"Mohon doa teman-teman sekalian, guru, dan rekan kita Ustaz Hasan Bishri iminta meruqyah ruang server BSI (Bank Syariah Indonesia) pusat yang sedang down dari kemarin. Ikhtiar lahir dan batin diupayakan. Semoga Allah beri kemudahan Aamiin yaa robbal 'alamin," demikian narasi yang ditulis di status tersebut.
Sumber: https://www.facebook.com/100011202037986/posts/1867198323663551/
Benarkah klaim informasi tersebut?
PENJELASAN
Hasil penelusuran kami, klaim ruqyah ruang server BSI, tidak benar. Mengutip klarifikasi dari Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), Hery Gunardi, pihaknya telah menyebutkan bahwa klaim tersebut hoaks.
"Maaf itu hoax," ungkap Direktur Utama BSI Hery Gunardi.
Hery Gunardi juga telah menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang dihadapi. Hery menuturkan bahwa pihaknya terus melakukan proses normalisasi dengan fokus utama untuk menjaga dana dan data nasabah tetap aman, dan hingga saat ini proses normalisasi layanan telah dilakukan dengan baik.
"Atas nama Bank Syariah Indonesia, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan nasabah karena adanya kendala dalam mengakses layanan BSI pada 8 Mei 2023. Proses normalisasi layanan Bank Syariah Indonesia telah kami lakukan, dengan prioritas utama untuk meyakinkan dana dan data nasabah tetap aman di Bank Syariah Indonesia," ujar Hery dalam keterangannya, Rabu (10/5/2023).
Pada Selasa (9/5/2023), BSI telah berhasil melakukan normalisasi layanan pada jaringan ATM dan kantor cabang. Pada hari tersebut, lanjutnya, nasabah telah bisa melakukan transaksi di jaringan cabang dan ATM BSI yang tersebar di seluruh Indonesia.
Sumber: BSI Terkena Serangan Siber, Ini Penjelasan Dirut Soal Penanganannya
Kesimpulan
Klaim terkait ruqyah ruang server BSI tidak benar.Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), Hery Gunardi menyampaikan normalisasi transaksi yang berdampak pada layanan BSI tidak bisa diakses sementara waktu yakni layanan di cabang, akses BSI Mobile maupun ATM di seluruh Indonesia.
Adapun, terkait dengan adanya serangan siber, pada dasarnya BSI akan melakukan penelusuran atas hal tersebut. Jadi proses normalisasi dilakukan melalui perbaikan sistem bukan menggunakan metode ruqyah.
Informasi yang beredar di Facebook tersebut termasuk dalam kategori Misleading Content (Konten Menyesatkan). Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
----
Cek Fakta TIMES Indonesia
TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.
Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Ferry Agusta Satrio |
Publisher | : Lucky Setyo Hendrawan |