Ekonomi Hari Santri 2023

Shopee Barokah dan PBNU Ajak 1000 Santri Entrepreneur Tembus Pasar Dunia

Senin, 23 Oktober 2023 - 08:49 | 26.28k
Gubernur Khofifah, Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dan Direksi Shopee saat peluncuran program “Santri Siap Ekspor Bersama Shopee” di Lapangan Makodam V/Brawijaya, Minggu (22/10/2023). (Foto : Aminudin/TIMES Indon
Gubernur Khofifah, Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dan Direksi Shopee saat peluncuran program “Santri Siap Ekspor Bersama Shopee” di Lapangan Makodam V/Brawijaya, Minggu (22/10/2023). (Foto : Aminudin/TIMES Indon
FOKUS

Hari Santri 2023

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Peluncuran program tersebut bertepatan pada perayaan Hari Santri 2023 di Lapangan Makodam V Surabaya, Minggu (22/10/2023) malam.

Program ini akan melatih 1.000 santri agar memiliki daya saing global melalui edukasi, pendampingan dan pembukaan akses ke pasar ekspor.

Program juga mendapat dukungan dari ulama besar seperti Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf. Ia juga mengajak santrinya untuk dapat mengikuti program tersebut. 

Program ini merupakan keberlanjutan dari inisiatif yang telah dihadirkan Shopee Barokah untuk para santri di
Indonesia. 

Produk para Santri nantinya akan masuk ke dalam Program Ekspor Shopee dan dapat dibeli pengguna Shopee dari berbagai negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.

Ketua Umum PBNU, Yahya Chalil Staquf mengapresiasi upaya Shopee Barokah dalam memperluas pasar produk karya para Santri hingga ke pasar dunia.

Ia menyebut ini merupakan suatu terobosan besar, di mana produk para santri bukan hanya bisa dibeli masyarakat Indonesia, tapi juga warga dunia lain. 

"Kami sangat mengapresiasi upaya ini. Tentunya, program ini selaras dengan semangat “Jihad Santri Jayakan
Negeri”, di mana kita semua berharap santri bisa termotivasi untuk turut berkembang dan membangun negeri melalui produk-produk lokal, menyusul UMKM yang sudah lebih dulu mengglobal," ujarnya.

KH Yahya Cholil Staquf juga berharap kegiatan ini memiliki efek berkelanjutan, di mana santri yang sudah dididik menjadi santripreneur bisa membawa pengaruh positif bagi lingkungan pesantren untuk kemudian berkembang menjadi salah satu
pusat ekonomi masyarakat.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira mengatakan gerakan 1.000 santri siap ekspor ini akan menjadi momentum baru dalam menghadapi tantangan jihad di masa sekarang.

“Presiden menyebut 36.000 pondok pesantren akan menjadi kekuatan besar. Melalui gerakan santri ekspor, akan menjadi momentum pergerakan besar untuk membawa harum nama bangsa di kancah
dunia yang datang dari hasil karya para santri,” katanya.

Awal tahun 2023 lalu, Shopee Barokah menginisiasi pelatihan digital bagi santri. Langkah berikutnya adalah membantu para Santri menjangkau pasar global melalui program Santri Siap Ekspor Bersama
Shopee. 

Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pengurus Pusat PBNU hingga melalui sinergi ini, Shopee meluncurkan program ini untuk kemudian diterapkan kepada 1.000 santri yang akan menempuh pendidikan edukasi dan pelatihan terkait ekspor. 

"Terima kasih atas dukungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bagi Shopee Barokah. Kami bangga bisa mendampingi langkah para santri untuk memperluas dampak positif bagi sesama,” ungkap Radinal.

Total 1.000 Santriwan dan Santriwati akan mengikuti pelatihan ekspor di Kampus UMKM Shopee Ekspor yang tersebar di 10 kota di Indonesia, mencakup Solo, Bandung, Jakarta, Medan, Malang, Semarang, Yogyakarta, Samarinda, Makassar, dan Sanur.

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam pidatonya di hari puncak Peringatan Hari Santri mengatakan, santri sebagai pilar kekuatan bangsa dan negara. Jokowi juga mengenang bagaimana perjalanan sejarah para santri berjuang untuk kepentingan bangsa, negara dan umat. 

“Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, kita memiliki lebih dari 36.000 pesantren, sebuah kekuatan besar penentu masa depan bangsa, penentu lompatan kemajuan bangsa, dan penentu keberhasilan cita-cita bangsa,” tuturnya.

Hal ini pula yang menjadi semangat bagi Shopee dan PBNU menghadirkan program “Santri Siap Ekspor Bersama Shopee”. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Satria Bagus

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES