Entertainment

Pengunjung Membludak, Omset Pelaku Kopi di Probolinggo Coffee Festival 2022 Melejit

Minggu, 20 November 2022 - 13:44 | 19.19k
Gus Haris, Ketua HKTI Kabupaten Probolinggo saat mengunjungi salah satu pelaku kopi di Probolinggo Coffee Festival 2022. (Foto: Rifki Adnan/TIMES Indonesia)
Gus Haris, Ketua HKTI Kabupaten Probolinggo saat mengunjungi salah satu pelaku kopi di Probolinggo Coffee Festival 2022. (Foto: Rifki Adnan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOProbolinggo Coffee Festival 2022 yang digelar di Alun-alun Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jatim, selama dua hari, Jumat - Sabtu (18-19/11/2022), berlangsung meriah. Bahkan, omset puluhan pelaku kopi di acara tersebut surplus pendapatan.

Ada sekitar 36 tenant atau penyewa yang turut berpartisipasi dalam event bergengsi di Kota Kraksaan tersebut. Dari angka itu, 20 tenant di antaranya merupakan pelaku kopi yang menjual kopi khas daerah setempat. Sementara sisanya dari para pelaku UMKM di 24 kecamatan Kabupaten Probolinggo.

Advertisement

Animo masyarakat selama dua hari event Probolinggo Coffee Festival 2022 berlangsung, cukup membahagiakan para pelaku kopi dan UMKM. Semua pelaku kopi yang mendirikan tenant di acara tersebut mengalami surplus pendapatan.

Coffee-Festival-2022.jpgKidnep saat bermain dan mendatangi pengunjung dalam Probolinggo Coffee Festival 2022. (Foto: Ryan H/TIMES Indonesia)

Meski harga setiap cup kopi dijual lebih murah dari harga biasanya, mereka masih mendapat penghasilan yang tak dapat diduga-duga. Saking ramainya, para barista yang berdiri di balik mesin rosting kopi, tak sempat menggeletakkan tubuhnya untuk istirahat.

"Alhamdulillah mas. Keren acaranya, rame pengunjung. Surplus pokoknya," kata Owner Cafe Aworjiwo, Ainur Rusydi.

Ia mengaku, ramainya pengunjung membuat dirinya harus terlibat membantu rekan kerjanya di tenant tersebut. Penghasilannya selama dua hari itu, tak membuat letih keringat rekannya terbuang sia-sia.

"Hari pertama kita udah surplus. Ditambah lagi hari kedua yang ramainya dua kali lipat dari hari pertama. Harga setiap cup itu udah dipress lebih murah. Omsetnya tetap banyak. Ada ratusan cup yang terjual dari kami," ungkap dia.

Menurut Ketua Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI) Kabupaten Probolinggo ini, animo masyarakat dalam festival kopi sangat besar. Omset pelaku kopi selama acara berlangsung cukup membahagiakan. Bahkan, di cafe miliknya, omset selama dua hari itu mencapai Rp 6 juta lebih.

"Acaranya sukses dan para pelaku kopi mendapat omset yang cukup baik. Semoga ini berdampak baik pada para pelaku kopi di Kabupaten Probolinggo ke depan," kata tersebut.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Probolinggo Coffee Festival 2022, Intan Cahya Kurniasari menyampaikan, suksesnya acara festival ini tidak luput dari partisipasi para pelaku kopi dan pelaku UMKM di Kabupaten Probolinggo. Karena mereka, festival kopi ini ramai dan berlangsung meriah tanpa kendala.

"Semoga ini menjadi awal kejayaan bagi para pelaku kopi di Kabupaten Probolinggo ke depan. Sehingga pelaku kopi semakin besar," ungkap Intan.

Penutupan Probolinggo Coffee Festival atau PFC 2022 di Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Sabtu (19/11/2022) malam, berlangsung Syahdu.

Ribuan pengunjung memadati alun-alun kraksaan untuk menyaksikan penutupan PFC 2022. Ada penampilan apik dari Kidnep Flanella yang membawakan lagu-lagu nan syadu, berhasil memukau dan mengajak para penonton untuk ikut bernyanyi.

Sebelum Kidnap Flanella tampil, acara di tutup dengan sambutan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo, Mahbub Zunaidi. Dalam Sambutannya, Mahbub menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Probolinggo Coffee Festival 2022 kali ini.

Hari sebelumnya, Kehadiran Felix Irawan dalam pagelaran Probolinggo Coffee Festival, Jatim, yang digelar di alun-alun Kota Kraksaan, menghipnotis ribuan penonton yang hadir, Jumat (18/11/2022) malam.

Coffee-Festival-2022-b.jpgFelix Irawan saat menunjukan performanya di atas panggung dalam acara Probolinggo Coffee Festival 2022. (Ryan H/TIMES Indonesia)

Suasana menjadi seru dari teriakan penonton ketika Felix membawakan lagu miliknya yang berjudul Kekasih Bayangan. Seluruh penonton ikut bernyanyi saat Felix tampil enerjik di atas panggung.

Felix juga membawa Yang Terlupakan, yang dipopulerkan sang legendaris Iwan Fals. Suasana makin seru ketika Felix juga membawakan lagu Budi Doremi yang berjudul Musim Waktu.

Felix Irwan tampil setelah Tami Aulia, tampil perdana dalam pegelaran itu. Penampilan Tami Aulia juga membawa penonton jingkrak sambil menyalakan lampu di ponsel masing-masing.

Acara Probolinggo Coffee Festival 2022 ini, merupakan agenda tahunan yang kembali digelar setelah dua tahun tersungkur akibat pandemi covid-19. Kini kembali dimeriahkan oleh bintang tamu Felix Irawan dan Kidnep Flanella di Alun-alun Kraksaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES