Entertainment

7 Film Korea yang Diremake Sebelum Descendants of The Sun

Jumat, 01 Maret 2024 - 11:21 | 23.01k
Hello Ghost salah satu film Korea yang diremake film Indonesia (Foto: imdb)
Hello Ghost salah satu film Korea yang diremake film Indonesia (Foto: imdb)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHanung Bramantyo dipastikan akan menggarap film yang diremake dari drakor populer Descendants of The Sun.

Bahkan sutradara asal Yogyakarta itu sudah menuntaskan naskahnya. Pada laman instagram pribadinya, dia juga menegaskan project ini juga telah mendapatkan restu dari produser Seo Woo Sik. 

Setelah naskah rampung, produksi akan segera dilaksanakan. Meski demikian, Hanung belum mengumumkan siapa saja pemeran dari film ini. 

Wah bikin penasaran aja ya!

Sebelum Descendants of The Sun, sudah ada beberapa film dan drama korea yang sukses diremake film Indonesia. 

Berikut film Indonesia yang diadaptasi dari drakor atau film Korea.

Miss Granny - Sweet 20

Miss-Granny---Sweet-20.jpgFoto: dok. CJ ENM Movie/Miss Granny

Film Miss Granny versi Korea tayang pada 2014 silam. Film ini dibintangi oleh Shin Eun Kyung, Sung Dong Il, Na Moon He. Disutradarai oleh Hwang Dong Hyuk.

Sementara Miss Granny versi film Indonesia tayang pada 2017 dengan judul Sweet 20. Film yang dibintangi Tatjana Saphira, Kevin Julio itu menjadi film terlaris di tahun penayangannya. 

Miss Granny merupakan film populer, sehingga tak hanya diremake menjadi film Indonesia, tapi juga Thailand. 

Mengusung genre komedi romantis, Miss Granny menceritakan perempuan berusia 70-an yang kembali ke usia 20an setelah foto di sebuah studio foto misterius. Ia juga kembali menemukan cinta pertamanya.    

Whispering Coridors - Sunyi 

Whispering Coridors salah satu film horor terlaris di Korea Selatan. Film yang tayang pada 1998 itu disutradarai oleh Park Ki Hyung dan diproduseri oleh Lee Choon-yeon. 

Skenario ditulis oleh In Jung Ok dan Park Ki Hyung itu mengisahkan kejadian misterius menyeramkan di sekolah. 

Film yang sukses box office Korea ini dibintangi oleh Choi Se Yeon, Kim Gyu Ri, Lee Mi Yeon, Park Yong Soo, dan Kim Yu Seok.

Whispering Coridors diremake dalam film Indonesia berjudul Sunyi yang dirilis tahun 2019. Disutradarai oleh Awi Suryadi serta dibintangi Angga Yunanda dan Naomi Paulinda. 

Sebagai film remake, cerita Sunyi tak jauh berbeda dengan Whispering Coridors. Namun Awi menyesuaikan dengan permasalahan dan situasi serta kondisi yang biasa terjadi di Indonesia. 

Menariknya film ini baik versi Korea maupun versi Indonesia menyelipkan pesan moral tentang perundungan hingga kesehatan mental.     

 

Sunny - Bebas

Sunny---Bebas.jpgFoto: CJ Entertainment

Film Korea yang kemudian diremake berjudul Sunny. Versi asli Sunny ditayangkan tahun 2011 dengan bintang ternama Shin Eun Kyung sebagai pemeran utamanya. 

Film bertema persahabatan yang hangat ini menarik perhatian Riri Riza dan Mira Lesmana untuk meremake. Hasilnya Sunny yang berganti judul Bebas menjadi film Indonesia terlaris kala itu. 

Film Bebas menjadi film segar di antara penayangan film horor di tahun 2019 lalu. Menceritakan persahabatan yang terjalin sejak masa SMA hingga dewasa. 

Bebas dibintangi oleh sederet artis populer Tanah Air, mulai dari Marsha Timothy, Widi Mulia, Baim Wong, Sheryl Sheinafia, Indy Barends dan lainnya. 

 

Tunnel - Tunnel

Tunnel asal Korea Selatan dirilis versi film juga drama. Meski dengan judul yang sama, namun keduanya memiliki cerita yang berbeda. 

Tunnel yang kemudian diremake dalam film Indonesia adalah versi drama. Tunner drakor merupakan film fantasi misteri aksi yang diperankan oleh Choi Jin Hyuk, Yoon Hyun Min dan Lee Yoo Young.

Tayang pada 2017 drakor Tunnel menceritakan detektif tahun 1980-an yang terlempar ke masa kini (2017). Kejadian itu berlangsung saat ia mengejar penjahat, hingga melewati terowongan. Saat melintasi terowongan tersebut ia sudah berada di masa kini. 

Rupanya ada keterkaitan kejahatan pembunungan berantai yang terjadi di tahun 80-an dan 2017 yang harus ia tuntaskan.

Sementara versi Indonesia Tunnel juga menceritakan polisi yang bertugas memburu pembunungan berantai dengan cara yang tidak wajar hingga berbau mistis. Tunnel Indonesia diperankan oleh Donny Alamsyah, Hana Malasan, Andri Mashadi, Putri Ayudya.


Hello Ghost - Hello Ghost

Jangan salah sangka, meski judulnya Hello Ghost tapi ini film komedi kog. Pada versi Korea Hello Ghost tayang pada 2010 silam, dan diremake film Indonesia pada 2022.

Alur cerita film ini tidak jauh berbeda ya, mengisahkan seorang pemuda yang hidup sendiran dan ingin mengakhiri hidupnya yang menyedihkan. Tapi usahanya untuk bunuh diri selalu gagal. Bahkan ia selalu diganggu oleh mahkluk halus. 

Hello Ghost Indonesia diperankan oleh Onadio Leonardo, Enzy Storia, Hesti Purwadinata dan Tora Sudiro. 


Miracle in Cell Number 7 - Miracle in Cell Number 7

Miracle-in-Cell-Number-7.jpgFoto: TVn

Siapa yang nggak nangis nonton Miracle in Cell Number 7. Baik versi Korea maupun Indonesia sukses bikin mewek penonton. 

Miracle in Cell Number 7 Korea tayang pada 2017 itu dibintangi Ryu Seong Ryong, Park Shin Hye, itu nggak hanya di remake dalam film Indonesia, tapi juga beberapa negara jugam termasuk Amerika dan Jepang. 

Namun sutradara Miracle in Cell Number 7, Lee Hwan Kyung mengaku versi Indonesia yang paling baik.    

Tentu saja, sebab Miracle in Cell Number 7 versi Indonesia disutradarai Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Vino G Bastian hingga Indro Warkop serta bintang ternama lainnya. 

Film ini mengisahkan seorang ayah yang dipenjara atas perbuatan yang tidak ia lakukan. Sang anak yang masih kecil berulang kali berkunjung ke penjara untuk bertemu dengan ayahnya yang dijatuhi hukuman mati.


My Sassy Girl - My Sassy Girl

Di Korea Selatan, film ini tayang tahun 2001 begitu booming sebagai film romantis yang penuh kesan.

Dibintangi oleh Ju Jin Hyun dan Cha Tae Hyun film ini mengisahkan tentang sejoli yang dipertemukan secara tidak sengaja. Dalam perjalanan kisah kasihnya, mereka mengalami konflik yang pasang surut namun tetap romantis sekaligus menggemaskan.

My Sassy Girl kemudian diproduksi sebagai film Indonesia dan tayang pada 2022 lalu. Disutradarai Fajar Bustomi, film ini makin keren dibintangi oleh Jefri Nichol dan Tiara Andini. 

Nah kini kita tunggu drakor Descendants of the Sun versi film Indonesia. Karena di sutradarai Hanung Bramantyo banyak yang berharap film ini sama suksesnya deperti versi Korea. So, mas Hanung jangan salah pilih pemeran ya! Heheh... (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES