Foto

Gelar Aksi Makan Plastik di Depan Grahadi, Saat Peringatan Hari Bumi

Kamis, 22 April 2021 - 19:51 | 119.42k

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Mikroplastik kini menjadi ancaman tersendiri bagi masyarakat. Dan pada peringatan Hari Bumi  22 April 2021 ini, aktivis River Warrior menggelar aksi teatrikal makan plastik di depan Gedung Grahadi Surabaya.

Aksi tersebut sebagai simbol bahwa saat ini air minum di Surabaya sudah tercemar mikroplastik. Bahkan di dalam tubuh ikan pun juga tercemar mikroplastik.

Kapten River Warrior, Tara Bening Sandrina mengatakan bahwa seperti penelitian-penelitian yang dilakukan organisasi lingkungan Ecoton, bahwa banyak temuan di Sungai Brantas dan air minum di perairan Madura yang sudah terkontaminasi mikroplastik.

Mikroplastik yang merupakan serpihan plastik dengan ukuran 5 mm itu sangat berbahaya dan mengandung senyawa toksik. Jika mikroplastik bebas di lingkungan, maka bisa mengikat senyawa-senyawa yang lain seperti pestisida atau logam berat yang ada di sungai.

Sementara itu, peneliti Ecoton, Andreas Agus Kristanto Nugroho mengatakan bahwa Ecoton telah melakukan penelitian terhadap 116 sampel ikan. Dari 116 sampel tersebut, terbukti mengandung mikroplastik pada saluran pencernaannya.

Sehingga, pihaknya mengusulkan kepada pemerintah untuk memisahkan saluran air bagi limbah domestik dan saluran untuk air hujan. Sehingga tidak tercampur antara limbah domestik dan air hujan.

Penggunaan plastik sekali pakai menjadi ancaman serius bagi kondisi lingkungan. Hal ini kata Andreas Jawa Timur dan Surabaya perlu untuk mulai melakukan pembatasan penggunaan plastik sekali pakai. (*)


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Adhitya Hendra
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES