Gaya Hidup

Awas! Ini Bahaya Main HP sebelum Tidur

Kamis, 29 September 2022 - 00:36 | 44.81k
Awas! Ini Bahaya Main HP sebelum Tidur
Ilustrasi - bermain HP sebelum tidur. (foto: Shutterstock/Thanakorn.P)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bermain HP sebelum tidur memiliki dampak yang buruk terutama bagi kesehatan. Hal ini sering dilupakan sehingga menjadi kebiasaan terutama untuk kaum milenial. Maka dari itu kebiasaan ini harus dihentikan. 

Berikut bahaya dari terlalu sering memainkan HP sebelum tidur dilansir dari hellosehat.com: 

1. Menunda waktu tidur
Main HP sebelum tidur menyita saktu untuk bisa tidur lebih awal. Umumnya, seseorang akan mencari hiburan sebelum tidur tetapi malah membuat tidur semakin larut. Hal ini tidak baik karena akan membuat kualitas tidur menurun. 

2. Menghambat Rapid Eye Movement (REM) 
Aktivitas Rapid Eye Movement (REM) ditandai dengan meningkatnya aktivitas otak, pergerakan mata dan detak jantung. REM akan dimulai sekitar 90 menit setelah tertidur. Namun jika terlalu sering bermain HP sebelum tidur akan menghambat fase REM. 

3. Menurunnya konsentrasi dan fokus

bermain-HP-sebelum-tidur-a.jpg Foto: Freepik/tirachardz

Ditulis dalam jurbal PLoS One jika bermain HP sebelum tidur akan menurunkan mood dan daya ingat sehingga alami susah fokus dan konsentrasi. Maka disarankan untuk tidak bermain HP setidaknya 30 menit sebelum tidur. 

4. Menurunkan melatonin
Melatonin adalah hormon yabg akan dihasilkan otak saat kondisi gelap. Jika terlalu sering bermain HP sebelum tidur maka melatonin akan menurun. Hal ini menjadi penyebab insomnia, gangguan mood, hibgga menurunnya kualitas imun. 

5. Membuat otak tetap aktif dan waspada
Otak akan tetap aktif dan selalu waspada selama menerima rangsangan termasuk dari HP. Hal ini menambah aktivitas kerja otam meskipun hanya sekedar membalas chat. 

6. Bangun tidur akan terasa lebih lelah
Main HP sebelum tidur akan menguras banyak energi selama itu. Hal itu akan membuat kita tak memiliki energi saat hendak melakukan aktivitas pagi hari karena kelelahan. Kebiasaan ini harus dihentikan karena akan membuat kita sulit bekerja. 

Bermain HP sebelum tidur dampaknya memang tidak dirasakan langsung dan sekaligus. Beberapa justru menganggap remeh namun jika tidak dihentikan, kebiasan ini akan menimbulkan penyakit berat. Seperti insomnia terus menerus sampai penyakit hati. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES