Glutera News

10 Manfaat Mandi Pagi untuk Tubuh Sehat dan Segar

Minggu, 21 Januari 2024 - 07:27 | 26.64k
Ilustrasi - Gluteranews
Ilustrasi - Gluteranews

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pagi hari bisa sangat menyenangkan, terlebih saat cahaya matahari yang tidak terlalu panas ditambah dengan paparan udara yang sejuk.

Salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat di sepanjang hari adalah dengan mandi di pagi hari. Selain itu, ada beragam manfaat lain yang dapat Anda peroleh dengan mandi pagi, lho! Apa saja, ya?

Ada kalanya mandi pagi menjadi rutinitas yang tidak mudah dilakukan. Dinginnya udara di pagi hari dan mata yang masih mengantuk terkadang membuat tubuh hanya ingin berada di balik selimut dan kembali terlelap.

Nah, agar mata tidak lagi terasa berat dan tubuh menjadi lebih segar, mandi pagi bisa menjadi solusi yang tepat.

Meningkatkan daya tahan tubuh dan sirkulasi tubuh merupakan beberapa manfaat mandi pagi yang bisa Anda dapatkan. Tak hanya itu, mandi atau berendam dengan air dingin juga dapat berfungsi sebagai hidroterapi atau terapi air untuk mengurangi gejala depresi dan memperbaiki suasana hati.

Berbagai manfaat kesehatan mandi pagi 

Tidak hanya penting untuk kebersihan diri serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mandi pagi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Agar tahu apa saja khasiat mandi pagi untuk kesehatan, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Meredakan gejala depresi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mandi dengan air dingin selama 5 menit atau 2 kali sehari dapat meringankan gejala depresi. Ini karena saat mandi menggunakan air dingin, tubuh akan memicu pelepasan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih bahagia.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan mengenai manfaat mandi pagi ini.

2. Mengurangi rasa sakit

Ternyata, menyiram air dingin saat mandi di atas kepala dapat memberi manfaat berupa meredanya rasa sakit pada tubuh.

Menurut sebuah studi dari North American Journal of Medical Sciences, air dingin mampu memberikan efek yang serupa dengan obat bius lokal untuk meringankan rasa sakit.

Lebih lanjut lagi, paparan air dingin juga membantu mempersempit pembuluh darah sehingga mengurangi pembengkakan yang menjadi pemicu rasa sakit. Air dingin juga memperlambat kecepatan sinyal yang menghantarkan rasa sakit ke otak.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Apabila Anda ingin memperlancar aliran darah, Anda bisa mencoba mandi air hangat di pagi hari untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Hangatnya air yang mengalir selama mandi tidak hanya baik untuk sirkulasi darah, tetapi juga dapat mengendurkan ketegangan otot dan sendi kita.

Meskipun tidak dapat membuat masalah kaku sendi hilang untuk selamanya, mandi saat pagi hari dapat merangsang penyembuhan, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ingin memiliki tubuh yang sehat dan tidak mudah sakit? Nah, manfaat tersebut bisa Anda peroleh dengan mandi air dingin di pagi hari.

Sebuah studi dari jurnal PLoS One melakukan penelitian dengan melibatkan 3.000 partisipan yang mandi air dingin di pagi hari selama 30 hari.

Penurunan tersebut semakin besar, yaitu sekitar 54%, apabila dibarengi dengan olahraga rutin. Meski demikian, belum diketahui secara pasti apa hubungan air dingin dengan sistem imun tubuh.

5. Meringankan nyeri otot

Nyeri otot setelah olahraga atau menjalani aktivitas fisik tertentu merupakan hal yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meredakan nyeri otot setelah berolahraga adalah mandi atau berendam menggunakan air dingin dengan suhu 10–15°C selama 15 menit.

Tak hanya meredakan nyeri atau kaku otot setelah olahraga, berendam dalam air dingin juga dapat mencegah kulit dari kerusakan.

6. Mengatasi susah bangun tidur

Bila Anda termasuk orang yang susah bangun tidur, mandi pagi dengan air dingin bisa menjadi cara yang tepat untuk mengatasinya. Saat terkena suhu dingin, tubuh akan bereaksi dengan meningkatkan denyut jantung dan asupan oksigen ke dalam tubuh. Efeknya, tubuh langsung terjaga.

7. Meringankan gejala hidung tersumbat

Jika Anda menderita gejala hidung tersumbat akibat pilek, flu, atau gangguan pernapasan lainnya, Anda bisa mencoba mendapatkan manfaat mandi air hangat di pagi hari.

Ini karena dengan mandi air hangat, uap dari air akan membantu mengencerkan dahak dan lendir dalam hitungan menit.

Ketika dahak dan lendir sudah menjadi lebih encer, Anda bisa menyingkirkannya dengan mudah.

Mandi air panas juga dikenal dapat meringankan nyeri tubuh yang diakibatkan flu atau demam.

8. Cocok untuk pendinginan setelah olahraga

Bagi Anda yang hobi berolahraga di pagi hari, mandi dengan air dingin akan memberi manfaat untuk memulihkan tubuh Andasetelah olahraga.

Sebuah artikel dari Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa terapi air dingin membantu mempercepat pemulihan tubuh seusai berolahraga.

Tak hanya itu, air dingin juga dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh yang tinggi akibat berolahraga.

Namun, pastikan Anda tidak langsung mandi saat tubuh sedang berkeringat, ya!
Biarkan suhu tubuh turun dengan sendirinya dan atur pernapasan selama beberapa saat.

9. Menurunkan risiko penyakit jantung

Mandi air hangat di pagi hari memberi manfaat untuk kesehatan jantung Anda. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari jurnal Heart.
Studi tersebut meneliti kebiasaan mandi 30.000 partisipan selama 20 tahun.

Beberapa aspek yang ditanyakan adalah seberapa sering mereka mandi, serta bagaimana temperatur air yang digunakan.

Hasilnya menemukan bahwa orang-orang yang mandi air hangat setiap hari memiliki risiko 28% lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dibanding orang yang lebih jarang mandi.

10. Pemanasan yang baik sebelum berolahraga

Mandi air hangat sebelum berolahraga lari atau pergi ke gym merupakan salah satu cara instan untuk melakukan pemanasan tubuh.

Hal tersebut ternyata dapat mengendurkan otot tubuh yang kaku setelah tidur sepanjang malam.

Dengan demikian, tubuh akan menjadi jauh lebih siap untuk menghadapi berbagai aktivitas fisik di pagi hari, terutama jika Anda ingin berolahraga di pagi hari.

Nah, itu dia manfaat mandi di pagi hari, baik dengan air dingin maupun dengan air hangat. Sebagian orang mungkin lebih suka mandi air hangat karena efeknya yang menenangkan.
Namun, tak sedikit pula yang lebih memilih mandi air dingin untuk mendapatkan kesegaran secara instan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES