Indonesia Positif

Kwarcab Karanganyar Selenggarakan Eagle Scout Award

Kamis, 16 Mei 2024 - 13:19 | 8.03k
Andalan Binamuda, Wahono (dua dari kanan), berfoto bersama seusai menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta Eagle Scout Award, Selasa (14/5/2024). (FOTO: dok Kwarcab Karanganyar)
Andalan Binamuda, Wahono (dua dari kanan), berfoto bersama seusai menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta Eagle Scout Award, Selasa (14/5/2024). (FOTO: dok Kwarcab Karanganyar)

TIMESINDONESIA, KARANGANYAR – Sebanyak 32 anggota Pramuka Garuda tingkat siaga dari seluruh Kabupaten Karanganyar mengikuti Eagle Scout Award (ESA) atau Lomba Pramuka Garuda Berprestasi Golongan Siaga yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Karanganyar di Sanggar Pramuka Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (14/5/2024).

Acara ini dibuka oleh Wakil Ketua Kwarcab Pembinaan Anggota Muda (Waka Binamuda), Kamto, yang dalam sambutannya mengapresiasi semangat para peserta dalam mempersiapkan diri untuk lomba.

"Kakak berterima kasih kepada adik-adik, pembina, dan orang tua yang telah berkolaborasi mempersiapkan lomba ini. Prestasi perlu dihargai untuk membangkitkan motivasi meraih prestasi yang lebih tinggi agar anggota Pramuka siaga lainnya termotivasi menjadi Pramuka Garuda," ujarnya.

Penyelenggaraan ESA ini diharapkan dapat mencetak anggota Pramuka Garuda golongan siaga yang bermartabat dan berprestasi, yang nantinya akan mewakili Kwarcab Karanganyar di ajang Eagle Scout Award tingkat Jawa Tengah yang akan diadakan di Kabupaten Rembang.

Para peserta menjalani beberapa tahap lomba yang meliputi tes tertulis, hasta karya, kemampuan indera manusia (KIM), kompas, keterampilan kepramukaan, dan administrasi. Penjurian dilakukan oleh pelatih Pembina Kwarcab Karanganyar.

Fahrul, salah satu peserta dari SDN 01 Gebyog, Mojogedang, mengaku sangat senang dan bangga bisa mengikuti lomba ini. Dia berharap bisa mengungguli peserta lainnya. "Perasaan saya sangat gembira bisa mengikuti lomba ini, banyak teman, banyak pengalaman yang saya dapatkan, dan saya berharap bisa mengungguli peserta lainnya," katanya.

Sementara itu, pembina dari Kwarran Tawangmangu, Wila Anggarwati, sangat terkesan dengan Lomba Pramuka Garuda Berprestasi ini karena dapat melatih kepercayaan diri Pramuka siaga dalam berjuang dan semangat berkompetisi. “Dari berbagai Kwartir Ranting (Kwarran) di Karanganyar, anak-anak menampilkan karya-karya yang luar biasa kreatif dan inovatif,” tuturnya.

Dari hasil lomba, juara 1 putra diraih oleh Joviana Asaf Al Masi dari Kwarran Tawangmangu, juara 2 oleh Azka Arja Abimanyu dari Kwarran Karangpandan, dan juara 3 oleh Arya Bima Pratama dari Kwarran Mojogedang. Sedangkan untuk putri, juara 1 diraih oleh Amabel Nasywah S dari Kwarran Tasikmadu, juara 2 oleh Azahwa Dwi K dari Kwarran Karangpandan, dan juara 3 oleh Azza dari Kwarran Tawangmangu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES