Kesehatan

Lisa Natalia Bagikan Tips Cara Mengelola Stres Melalui Mindfulness

Jumat, 10 Februari 2023 - 17:46 | 53.33k
Lisa Natalia bagikan tips cara mengelola stres dalam Talk Show PRiBADI (4/2/2023) (Foto: Fascal Muhamad Akbar/TIMES Indonesia)
Lisa Natalia bagikan tips cara mengelola stres dalam Talk Show PRiBADI (4/2/2023) (Foto: Fascal Muhamad Akbar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Masalah kesehatan jiwa telah menjadi salah satu permasalahan yang belum terselesaikan setelah pandemi COVID-19 di kalangan masyarakat. Masalah kesehatan jiwa dapat berdampak pada kesehatan fisik. Salah satu pencetus masalah gangguan jiwa ini adalah kurang mampunya seseorang dalam mengelola stres dirinya maupun mengelola stres itu sendiri.

Lisa Natalia membagikan tips mengelola stres dalam talk show oleh forum organisasi PRiBADI (Perkumpulan Pengembang Kepribadian & Karakter Indonesia). Kegiatan ini diharapkan dapat membantu para anggota PRiBADI dalam mengontrol pikiran dan perasaan dapat mengurangi stres serta ketenangan pikiran.

talk-show.jpgAnggota PRiBADI turut antusias menyaksikan talk show yang dijabarkan oleh Lisa Natalia (4/2/2023) (Foto: Fascal Muhamad Akbar/TIMES Indonesia)

Dalam talk show ini mengundang Lisa Natalia sebagai pembicara mengenai cara mengelola stres. Lisa Natalia adalah Ketua 1 DPP PRiBADI, juga Doktoral Kewirausahaan dari University of Idaho, Amerika Serikat. Lisa Natalia juga mendalami Psychoanalysis di UCLA, California serta Managing Change di Harvard University.

Berikut tips cara mengelola stres melalui mindfulness ringkasan oleh Lisa Natalia :

1.       Fokus hidup in the now

Fokus hidup pada saat ini tanpa merasa khawatir berlebihan akan masa depan atau memikirkan hal yang telah terjadi. Berkonsentrasi pada apa yang terjadi di sekitar serta mencoba untuk tidak menghakimi tentang apa pun diperhatikan atau melabeli hal-hal sebagai ‘baik’ atau ‘buruk‘.

2.       Ubah negative self-talk menjadi positive self-talk

Mengubah negative self-talk menjadi positive self-talk juga adalah kunci utama dalam mengatasi dan mengelo stres. Melalui self-talk yang kita ciptakan sendiri dapat memotivasi serta mewujudkan apa yang kita inginkan. Melalui positive self-talk kita jadi lebih percaya diri karena kita bisa melakukan banyak hal bermanfaat bagi orang lain, juga diri sendiri.

3.       Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat kaya akan serat dapat mengurangi untuk mengelola stres. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi makanan berserat tinggi bisa membantu mengurangi dalam mengelola stres. Lisa Natalia juga menyarankan untuk melakukan intermittent fasting yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh..

4.       Istirahat cukup

Memiliki istirahat cukup berkualitas membuat tubuh tidak mudah lelah dan stres. Durasi tidur yang normal adalah 7-8 jam per hari.  Dengan tidur cukup dapat membantu otak mengelola stres sehingga tubuh menjadi rileks

5.       Meditasi mindfulness

Melakukan meditasi mindfulness dengan menarik nafas dalam serta fokus memperhatikan apa yang sedang ada dalam pikiran dapat membantu aliran oksigen dan menjernihkan pikiran. Meditasi tersebut dapat dilakukan ketika kita ingin fokus dalam melakukan suatu hal akan mendapatkan pikiran tenang. Beberapa penelitian mengatakan jika rutin melakukan meditasi mindfulness, maka sistem antibodi akan kuat dan dapat mengurangi resiko penyakit yang akan masuk dalam diri kita.

Stres disebabkan oleh pikiran dan perasaan. Lisa Natalia menyampaikan bahwa mengelola stres berarti kita harus mengelola perasaan. Kita perlu mempertahankan perasaan positif dan menghindari perasaan negatif karena akan menguras energi dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

“Kunci mengendalikan serta mengelola stres bukan hanya mengonsumsi makanan sehat tidak mengandung peptisida dan menghindari polusi udara. Tetapi kita harus bisa mengelola pikiran, emosi, dan perasaan kita karena itu penyebab stres yang paling utama dan bisa meracuni pikiran kita” Ujar Lisa Natalia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES