Kesehatan

Toby's Estate Kupas Tuntas Pola Diet Menu Sehat Bersama Pakar

Minggu, 09 Juli 2023 - 10:45 | 201.57k
(kiri-kanan) dr Feliciana Soenjoto, Nutritionist Maria Eleonora dan Owner Toby's Estate Steven Tjan, Minggu (9/7/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia) 
(kiri-kanan) dr Feliciana Soenjoto, Nutritionist Maria Eleonora dan Owner Toby's Estate Steven Tjan, Minggu (9/7/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, SURABAYAToby's Estate mengadakan Healthy Talkshow bertema How Healthy Food is Needed for Diet & Healthy Skin. Acara tersebut berlangsung di Toby's Estate La Viz Pakuwon Mall Surabaya, Minggu (9/7/2023) pagi. 

Menghadirkan pakar kesehatan dan kecantikan, dr Feliciana Soenjoto dan Nutritionist Maria Eleonora A, S.T.P.

Talkshow menarik ini membahas seputar isu menu sehat dan kecantikan kulit. Termasuk pantangan makanan tertentu bagi kondisi kulit berjerawat. 

Berdasarkan keterangan dr Feliciana Soenjoto, konsumsi dairy berupa susu dan produk olahannya tidak disarankan bagi kulit berjerawat. Termasuk oat milk karena ada tambahan minyak dalam pengolahannya. 

"Bukan tidak boleh, tapi kurangi konsumsinya supaya balance. Pokoknya yang paling jahat bagi kulit berjerawat adalah dairy," terang dr Feliciana. 

Sementara Maria sebagai nutritionist menyebutkan almond milk sangat cocok sebagai pengganti dairy atau susu. Karena memiliki teksur creamy sehingga tak perlu tambahan lemak atau minyak dalam proses produksi. Almond sendiri bisa dinikmati oleh penderita asam urat karena bukan jenis kacang tanah. 

"Almond tumbuh di pohon (nut tree)," kata Maria. 

Minuman kopi less sugar dan less milk juga bisa menjadi pilihan. Jika ingin manis, cukup tambahkan 20 persen gula dari takaran pada umumnya. Atau ganti gula dengan madu. Karena gula adalah sumber dari segala masalah kesehatan tubuh. 

Memaksimalkan diet dan gaya hidup, ia menyarankan memilih asupan seimbang pada makanan. Apalagi jika nongkrong di cafe,  konsumsi gula dan karbohidrat kerap tak terkontrol. 

Diet sehat dan nikmat bonus kulit glowing dimulai dari konsumsi makanan sehari-hari. Demikian Maria Eleonora membagi rahasia. 

Perbanyak makanan berserat seperti whole wheat (gandum utuh) seperti Shokupan Toast bertekstur lembut. Shokupan sendiri merupakan sebutan roti untuk makan khas Jepang. 

Toby's berkolaborasi dengan Nude Bake, merek roti sehat milik Maria Eleonora. Antara lain dengan menyajikan Shokupan Toast berpadu aneka selai tanpa gula. Namun tetap memiliki kelezatan rasa. 

Toby's Estate Pakuwon Mall menghadirkan aneka pilihan Shokupan Toast  berbahan dasar wheat bread atau roti gandum.

Jika Shokupan dominan rasa susu, Maria juga mengolah roti ini tanpa susu dan menggantinya dengan bahan lain. 

"Nggak semua orang bisa membuat supaya Shokupan itu bebas dari telur dan bebas susu. Karena bahan roti itu basicnya gula, tepung, susu dan butter. Saya nggak pakai butter nggak pakai gula  nggak pakai susu dan nggak pakai telur tapi bisa jadi Shokupan roti Jepang yang lembut," ungkapnya. 

Pengunjung bisa memilih isian ferrero dan almond, hazelnut atau selai peanut. Tetap istimewa karena terbuat dari bahan-bahan alami. Sementara rasa manis merupakan kandungan alami dark chocolate. Maria sama sekali tak menambahkan gula dalam selai Nude Bake. 

"Berbeda dengan selai lain. Di mana 80 persen bahan dasarnya adalah gula. Dan 20 persen sisanya seperti coklat maupun tambahan lainnya," ungkap Maria. 

Ia menambahkan, Shokupan gandum maupun makanan berbahan wheat lainnya memiliki banyak manfaat. Antara lain melancarkan buang air besar (BAB) hingga menurunkan berat badan. Shokupan Toast bahkan memiliki info kalori. 

Dua slice tebal dan selai mengandung 300 kalori. Ini merupakan angka kebutuhan konsumsi normal saat sarapan. 

Kabar baiknya, Shokupan whole wheat sangat baik bagi pasien yang tengah menjalani kemoterapi. Karena pasien kanker tidak boleh konsumsi telur maupun susu. Maria juga merekomendasikan produk olahan bebas gluten (gluten free). 

Pada awalnya, Nutritionist Teknologi Pangan dan Gizi jebolan Universitas Widya Mandala Surabaya ini membuat menu selai dan roti sobek untuk penderita diabetes dua tahun lalu. 

Kemudian ia mengembangkan varian lain. Seperti roti tawar, roti isi dan bermacam lainnya hingga meluncurkan Shokupan Toast dan tersedia di Toby's Estate. 

Konsumsi makanan berbahan gandum ini juga dapat membuat perut kenyang lebih lama. Jangan lupa pilih menu pendamping rendah gula bahkan bebas gula (sugar free). Kurangi juga gorengan dan makanan manis-manis. 

"Pelan-pelan agar tubuh nggak kaget," ujar influencer sekaligus fitness coach profesional dengan centang biru di Instagram ini. 

Seluruh konsumsi menu sehat itu juga harus diimbangi dengan olahraga. Maria mengatakan, karena suplemen diet hanya memberikan efek sekitar 5 persen saja. 

"Tetap harus olahraga dan menjaga pola makan. Baru suplemen itu bisa jadi tambahan sedikit," jelasnya.

Owner Toby's Estate, Steven Tjan mengatakan, acara talkshow seperti ini mendukung konsep beberapa menu healthy life style cafe berkonsep Australian brunch (breakfast and lunch) tersebut.

Toby's benar-benar cafe Australian brunch dengan good material. Menggunakan roti sourdough, bacon terbaik, telor omega, cheese grade premium dan salad sayur hidroponik super segar. 

Kali ini, Toby's menambahkan daftar menu sehat terbaru berupa Shokupan Toast. Kemudian juga ada almond milk, soy milk, oat milk, low fat milk sebelumnya. 

"Banyak varian supaya customer yang lactose intolerance bisa konsumsi," kata Steven. 

Toby's juga menawarkan beragam menu baik makanan maupun minuman variatif dan aneka kopi dari berbagai negara. Termasuk 20 persen di antaranya biji kopi Indonesia seperti Aceh Gayo atau Sulawesi. Kemudian sisanya adalah campuran Kopi Colombia dan Guatemala. Campuran kopi lintas negara ini mampu menghasilkan biji kopi super wangi. 

Steven menambahkan, Toby's Estate ingin menghadirkan pilihan tempat bagi pecinta menu sehat selain puluhan menu lezat pilihan. Karena itulah, Toby's Estate memang tidak terlalu agresif berekspansi karena benar-benar memilih lokasi membidik market kelas premium.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES