Kopi TIMES

Zero to Hero: Pembelajaran Digital Menuju Era Pendidikan Cerdas

Jumat, 15 November 2024 - 08:27 | 17.59k
Rosyid Nurrohman, S.M., M.AB., Dosen Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Kalimantan Timur.
Rosyid Nurrohman, S.M., M.AB., Dosen Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Kalimantan Timur.

TIMESINDONESIA, KALIMANTAN TIMUR – Dalam beberapa dekade terakhir, perkembangan teknologi telah mengubah hampir setiap aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Pandemi Covid-19 mempercepat perubahan ini, mendorong institusi pendidikan untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat utama dalam proses pembelajaran. 

Istilah "Zero to Hero" merefleksikan perjalanan sistem pendidikan dari cara-cara konvensional menuju era digital yang lebih cerdas, dinamis, dan berkelanjutan. Transformasi ini memungkinkan pembelajaran yang lebih inklusif, personal, dan adaptif, serta membuka peluang bagi setiap siswa untuk belajar sesuai ritme dan kebutuhan mereka.

Advertisement

Mengapa Transformasi Digital dalam Pendidikan Penting?

Di masa lalu, pendidikan cenderung terbatas pada ruang kelas fisik dengan metode pembelajaran yang seragam. Namun, era digital membawa pendekatan yang jauh lebih fleksibel dan interaktif. Teknologi digital memungkinkan pengajaran tidak lagi terbatas pada tempat dan waktu tertentu, sehingga pendidikan dapat diakses oleh siapa saja dan di mana saja. 

Pembelajaran jarak jauh, e-learning, dan platform pembelajaran daring membuat siswa dapat mengakses materi, berkomunikasi dengan pengajar, serta berdiskusi dengan teman secara virtual. Ini membuka akses bagi siswa di daerah terpencil atau yang memiliki keterbatasan untuk mendapatkan pendidikan yang setara.

Teknologi juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dengan cara yang lebih personal. Dengan dukungan kecerdasan buatan (AI), misalnya, platform pembelajaran dapat menganalisis gaya belajar setiap siswa dan menyesuaikan materi agar sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Hal ini memungkinkan proses belajar yang lebih efektif, di mana siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing dan fokus pada bidang yang paling relevan bagi mereka.

Manfaat Transformasi Digital dalam Pembelajaran

Transformasi digital dalam pendidikan membawa banyak manfaat. Pertama, teknologi membuat proses pembelajaran lebih menarik melalui berbagai format seperti video, simulasi, dan aplikasi interaktif. Ini membantu meningkatkan keterlibatan siswa, terutama generasi muda yang lebih terbiasa dengan perangkat digital. 

Pembelajaran berbasis teknologi juga memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi ilmu secara lebih mendalam melalui sumber daya yang lebih luas, seperti video instruksional, artikel, dan forum diskusi global.

Kedua, teknologi digital meningkatkan efektivitas pengajaran melalui analisis data. Guru dapat menggunakan data ini untuk memahami perkembangan siswa secara lebih rinci dan memberikan bimbingan yang lebih spesifik. 

Selain itu, adanya platform e-learning memungkinkan siswa untuk mengulang materi atau menyelesaikan tugas sesuai ritme belajar mereka sendiri. Dengan ini, siswa tidak lagi merasa tertinggal karena semua informasi tersedia untuk diakses kapan saja.

Ketiga, digitalisasi pendidikan juga memungkinkan kolaborasi lintas batas. Melalui kelas daring, siswa dari berbagai latar belakang dapat bertukar pikiran, memperluas perspektif, dan belajar bersama. Keterlibatan internasional ini mempersiapkan siswa untuk dunia global yang semakin terhubung.

Tantangan Transformasi Digital Pendidikan

Meski menawarkan banyak keuntungan, transformasi digital dalam pendidikan juga menghadapi berbagai tantangan. Kesenjangan digital masih menjadi masalah serius di Indonesia, terutama di wilayah pedesaan dan terpencil. Tidak semua siswa memiliki akses yang memadai ke perangkat digital atau internet yang stabil. Akibatnya, sebagian siswa tertinggal dalam memanfaatkan teknologi ini.

Selain itu, kesiapan tenaga pengajar untuk beradaptasi dengan teknologi juga masih perlu ditingkatkan. Banyak guru yang masih merasa kurang nyaman atau belum terbiasa menggunakan perangkat digital dalam pengajaran. Pelatihan dan dukungan bagi para guru sangat dibutuhkan untuk memastikan mereka mampu memanfaatkan teknologi dengan baik.

Tantangan lainnya adalah kebutuhan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik siswa. Ketergantungan pada perangkat digital dan layar komputer dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kelelahan mata, stres, dan penurunan aktivitas fisik. Oleh karena itu, penting bagi institusi pendidikan untuk menemukan keseimbangan antara pembelajaran digital dan kegiatan fisik serta sosial yang sehat.

Kolaborasi untuk Pendidikan yang Lebih Inklusif dan Cerdas

Transformasi digital pendidikan membutuhkan kolaborasi antara pemerintah, institusi pendidikan, dan masyarakat. Pemerintah perlu menyediakan infrastruktur digital yang memadai, terutama di daerah-daerah yang masih tertinggal. 

Institusi pendidikan perlu berinvestasi dalam pelatihan tenaga pengajar agar mereka bisa mengadopsi teknologi dengan lebih efektif. Selain itu, peran orang tua juga penting dalam mendampingi anak-anak mereka, terutama dalam menjaga keseimbangan antara waktu belajar dan waktu istirahat.

Dengan kerja sama yang baik dari berbagai pihak, sistem pendidikan Indonesia dapat bertransformasi dari "zero" menuju "hero" dalam menciptakan pendidikan yang cerdas dan inklusif. 

Pendidikan berbasis teknologi bukan hanya memberikan akses yang lebih luas, tetapi juga menciptakan peluang untuk menghasilkan generasi yang lebih cerdas, kreatif, dan siap menghadapi tantangan dunia digital. Transformasi ini bukan sekadar tren, melainkan sebuah langkah strategis menuju masa depan pendidikan yang lebih baik.

Dengan terus meningkatkan akses, keterampilan, dan keseimbangan dalam penggunaan teknologi, kita dapat memastikan bahwa transformasi digital dalam pendidikan membawa manfaat bagi semua pihak, membangun generasi penerus yang tangguh, berdaya saing, dan berorientasi pada masa depan.

***

*) Oleh : Rosyid Nurrohman, S.M., M.AB., Dosen Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Kalimantan Timur.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

 

____________
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Hainorrahman
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES