Kuliner

Cicipi Nikmatnya Soto Bathok Mbak Lastri di Kabupaten Pacitan

Rabu, 16 November 2022 - 11:56 | 421.41k
Cicipi Nikmatnya Soto Bathok Mbak Lastri di Kabupaten Pacitan
Soto Bathok Mbak Lastri di Pacitan per porsi Rp6 ribu rasanya lezat. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Tidak seperti soto pada umumnya, di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur kini hadir kuliner tradisional yang wajib anda cicipi, yakni Soto Bathok Mbak Lastri

Lastri sejatinya adalah nama pemantik yang digunakan oleh pemilik kuliner ini agar lebih familiar di telinga masyarakat. Memang sepertinya disengaja. 

"Itu nama saudara saya. Awalnya inspirasi itu muncul darinya. Lantas saya coba," kata pemilik Soto Bathok Mbak Lastri, Lilis (34), Rabu (16/11/2022). 

Sesuai namanya, soto satu ini disajikan memakai bejana yang terbuat dari tempurung kelapa dan dibentuk sedemikian rupa laiknya mangkuk.

Mungkin daya tariknya ada di sini. "Setelah dilihat-lihat, cocok juga. Alhamdulillah sejak awal buka langsung ramai," ujar Lilis. 

Bertempat di Jalan Satsuit Tubun, Bleber, Sidoharjo atau sebelah utara lampu merah Bapangan Pacitan. Anda tak perlu susah mencari keberadaannya karena mudah ditemukan sehingga Soto Bathok Mbak Lastri ini kerap dijadikan jujukan wisatawan. 

"Letaknya strategis, dekat perkantoran dan di pinggir jalan, mungkin mudah dijangkau orang," terang perempuan asli DKI Jakarta itu. 

Soto-Bathok-Mbak-Lastri-2.jpgSoto Bathok Mbak Lastri paling pas dihidangkan saat masih panas. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

Meski belum genap tiga bulan buka, Soto Bathok Mbak Lastri bak primadona lantaran langsung diserbu pelanggan. Saat sarapan, makan siang atau sore pun setiap mejanya tak pernah sepi penikmat kuliner. 

"Buka dari pukul 07.00 WIB pagi, tutup pukul 21.00 WIB malam. Hari Minggu tetap buka, ya," ucapnya ramah. 

Selain ramai, biaya untuk mencicipi Soto Bathok Mbak Lastri ini cukup terjangkau. Hanya dengan Rp6 ribu per porsi, anda sudah bisa menikmati santapan lezat dan bergizi juga mengenyangkan.

Jika ingin menambah topping sendiri, sangat bisa. Di sini juga tersedia aneka gorengan dan sate jeroan sebagai pelengkap waktu bersantap bersama orang terdekat. 

"Satu porsi murah meriah cuma Rp6 ribu, terjangkau, perutnya kenyang. Toppingnya ada kol, tauge, kentang goreng, bawang goreng dan daun seledri. Pakai ayam, bukan daging," terang Lilis. 

Pantas saja, dalam satu hari 200 porsi habis terjual. Yang menjadi pembeda dari soto pada umumnya di Pacitan yakni sajiannya tanpa memakai kacang goreng. Meski begitu, rasanya tetap nikmat dan lezat.  "Hari biasa 200 porsi habis, Sabtu-Minggu bisa sampai 300 porsi," katanya. 

Soto-Bathok-Mbak-Lastri-3.jpgPengunjung tampak menikmati sajian Soto Bathok Mbak Lastri yang ada di Jalan Satsuit Tubun, Bleber, Sidoharjo atau sebelah utara lampu merah Bapangan Pacitan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

Selain itu, semua resep dan bumbu dari Soto Bathok ini dibuat dengan cara tradisional. Lilis dibantu empat orang karyawan. Mereka sangat ramah melayani pembeli.

Bagi yang tak kebagian tempat duduk, anda bisa membungkusnya untuk dibawa pulang. Paling cocok dinikmati saat masih hangat, perasan jeruk nipis menambah cita rasa dan aroma semakin sedap. 

"Semua resep soto saya sendiri yang bikin. Bumbunya masih alami. Yang lain dibantu karyawan," jelasnya. 

Ada satu hal yang membuat Soto Bathok Mbak Lastri ini begitu diminati pelanggan, selain tempatnya yang bersih, sedari awal buka, sang owner sudah memiliki keyakinan, ke depan bakal ramai dan laris. 

"Begitu buka awal sudah feeling, ini peluang bisnis.Percaya aja. InsyaAllah sudah ada rencana ingin buka cabang," ungkapnya. 

Sementara itu, seorang pengunjung Laila Rahmawati (27) mengaku kepincut saat kali pertamanya mencicipi Soto Bathok Mbak Lastri. 

"Unik sih. Tadi pas nyoba langsung terasa beda di lidah. Ada gurih, sedikit asam, ayamnya enak, kalau saya lebih suka tanpa kecap," katanya usai mencicipi Soto Bathok Mbak Lastri yang hits di Kabupaten Pacitan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES