Olahraga

Jumlah Tim Menjadi 48, Piala Dunia 2026 Bakal Gelar 104 Pertandingan

Rabu, 15 Maret 2023 - 12:26 | 56.33k
Presiden FIFA Gianni Infantino menjelang kongresnya ke-73 di Kigali, Rwanda. (FOTO: FIFA)
Presiden FIFA Gianni Infantino menjelang kongresnya ke-73 di Kigali, Rwanda. (FOTO: FIFA)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan sepak bola dunia, FIFA mengumumkan bahwa Piala Dunia 2026 mendatang akan diperbanyak menjadi 104 kali pertandingan, sudah tidak 64 lagi karena jumlah tim akan bertambah menjadi 48 tim.

FIFA mengumumkan hal itu, Selasa (14/3/2023) menjelang kongresnya ke-73 di Kigali, Rwanda.

Selain itu FIFA juga menyampaikan beberapa keputusan penting, terutama terkait dengan masa depan kompetisi pria dan wanita, di mana kalender pertandingan internasional masing-masing disetujui dengan suara bulat setelah proses konsultasi yang mendetail. 

Dasar persetujuan Dewan FIFA itu, seperti dilansir laman FIFA berdasarkan tinjauan menyeluruh yang mempertimbangkan integritas olahraga, kesejahteraan pemain, perjalanan tim, daya tarik komersial dan olahraga, serta pengalaman tim dan penggemar.

Karena itu Dewan FIFA dengan suara bulat menyetujui usulan amandemen format kompetisi Piala Dunia FIFA 2026 dari 16 grup yang terdiri dari tiga tim menjadi 12 grup yang terdiri dari empat tim dengan dua teratas dan delapan tim peringkat ketiga terbaik maju ke babak 32 besar.

Format yang direvisi itu telah mengurangi risiko kolusi dan memastikan bahwa semua tim memainkan minimal tiga pertandingan, sambil memberikan waktu istirahat yang seimbang antara tim yang bersaing.

"Tujuan mendasar kami adalah untuk memiliki kejelasan tentang masalah ini, dan untuk memiliki pertandingan sepak bola yang bermakna sekaligus melindungi kesejahteraan para pemain dan mengakui bahwa banyak negara membutuhkan sepak bola yang lebih kompetitif," kata Presiden FIFA Gianni Infantino. 

Piala Dunia 2026 akan diselenggarakan bersama oleh Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, dan acara ini akan menjadi edisi pertama turnamen empat tahunan yang diikuti oleh 48 tim.

Sebanyak 16 kota tuan rumah dibagi, 11 di Amerika Serikat, tiga di Meksiko dan dua di Kanada. Saat ini sudah ada 24 pertandingan tambahan untuk dipentaskan di atas 80 pertandingan yang sudah mereka mainkan untuk turnamen 48 tim perdana.

Dengan ditambah sekitar 1,5 juta tiket lagi, juga akan semakin meningkatkan pendapatan rekor FIFA yang diharapkan setidaknya $ 11 miliar hingga 2026 dari turnamen yang akan mengandalkan penggunaan stadion NFL berpenghasilan tinggi.

Format yang disetujui itu berarti dua negara teratas di setiap grup akan lolos ke babak sistem gugur bersama dengan delapan tim peringkat ketiga terbaik. Akibatnya, finalis dan tim yang finis ketiga dan keempat akan memainkan total delapan pertandingan, bukan tujuh pertandingan seperti saat ini.

Terakhir kali adalah Meksiko (tahun 1986) dan Amerika Serikat (tahun 1994) menjadi tuan rumah Piala Dunia, yang hanya ada 24 tim.

Selain Piala Dunia 2026FIFA juga mengatakan Piala Dunia Antarklub yang diikuti 32 tim akan dimainkan setiap empat tahun, mulai Juni 2025, sesuai penyampaian Presiden FIFA,  Gianni Infantino di Qatar tahun lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES