Pendidikan

Pesta Siaga Banyuwangi, Ajang Latih Kognitif dan Psikomotorik Pramuka Siaga

Sabtu, 05 November 2022 - 23:22 | 15.95k
Pesta Siaga Banyuwangi, Ajang Latih Kognitif dan Psikomotorik Pramuka Siaga
Peserta Pesta Siaga antusias mengikuti perlombaan tiup bola diatas air. (Foto: Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pendidikan tidak melulu tentang belajar di kelas mendengarkan penjelasan Guru hingga murid bisa paham. Bermain pun akan menjadi sarana mendidik dengan cara yang lebih menyenangkan, seperti kegiatan Pesta Siaga yang dapat mendidik karakter hingga menajamkan daya pikir Praja Muda Karana atau Pramuka Siaga.

Apa sih Pesta Siaga? Pesta Siaga adalah kegiatan pertemuan untuk golongan Pramuka Siaga, bermain bersama-sama dengan kegiatan melatih untuk melatih Kognitif seperti membuat pertimbangan untuk sebuah keputusan.

Selain melatih Kognitif, Pesta Siaga  juga melatih kemampuan Psikomotorik, mereka akan mendapatkan sebuah pengalaman atau skill dari kegiatan pesta siaga tersebut.

Lalu untuk kalian yang bertanya-tanya apa itu Pramuka Siaga, jadi Pramuka siaga adalah sebutan bagi anggota Pramuka yang berumur antara 7-10 tahun, yang kemudian dipanggila anak siaga, menurut website pramukaku.com disebut demikian karena sesuai dengan gambaran pada masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia meyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan atau bisa diartikan tonggak awal perjuangan.

Kegiatan yang berlangsung di Taman Blambangan tersebut diprakarsai oleh Kwartir Ranting atau Kwarran Banyuwangi yang salah satu tujuanya sebagai jalin silatirahmi anak-anak Siaga Pramuka Kwarran Kecamatan Banyuwangi. karena kegiatan ini sempat hiatus selama pandemi.

Pesta-Siaga-Banyuwangi-2.jpg

Menurut Ketua Panitia Pesta Siaga 2022, Rustamaji,  kegiatan Pesta Siaga selain untuk jalin silaturahmi juga sebagai melatih pendidikan kepanduan seperti ketangkasaan, mengasah daya pikir, bekerja sama dan saling membantu sesama.

"Jadi kegiatan ini dibuat supaya meriah dan anak siaga juga dapat bermain dengan diadakanya beberapa lomba yang dapat melatih Kognitif dan Psikomotorik anak," jelasnya, Sabtu (5/11/2022).

Ada beberapa lomba yang diadakan dalam kegiatan Pesta Siaga yaitu lomba Sarung Estafet, Ping Pong Estafet, Estafet Papan, Estafet tiup bola diatas air, Tiup perahu, Lompat ketangkasan, yang masing-masing perlombaan melatih kerjasama, ketangkasan dan mengasah daya pikir anak siaga.

Lomba dibagi menjadi dua kategori yaitu PA (Putra) dan PI (Putri) yang nanti akan diambil juara 1,2,3 PA dan 1,2,3 PI dari keenam perlombaan, yang kemudian pemenang tersebut diberikan tropi berupa piala.

Diikuti sebanyak 42 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sekecamatan Banyuwangi, kegiatan berlangsung dengan penuh kegirangan anak-anak yang menikmati berbagai perlombaan.

Rustamaji menambahkan, dengan kegiatan seperti ini anak-anak siaga serta para pembimbingnya bisa berkenalan dengan beda-beda sekolah menjaga kekompakan Kwarran Banyuwangi, selain itu juga karena pandemi, anak siaga jenuh dengan lookdown, maka untuk itu pesta siaga ini didedikasikan memang untuk bermain sembari melatih karakter anak siaga.

Kata Pramuka sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya, dengan berlambangkan tunas kelapa, pramuka siaga selalu dilatih siaga untuk bisa hidup berdampingan dengan siapapun dan dimanapun, dengan jiwa gagah berani dan senang menolong siapapun yang membutuhkan. (*)

Pewarta: Anggara Cahya

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES