Pendidikan

Teaching Factory Polije: Sarana Wisata Edukasi dengan Beragam Pilihan

Senin, 18 Maret 2024 - 12:23 | 15.17k
Kegiatan edukasi di Tefa Feedlot Polije. (FOTO: Dok. Humas Polije)
Kegiatan edukasi di Tefa Feedlot Polije. (FOTO: Dok. Humas Polije)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Sebagai kampus vokasi terkemuka, Politeknik Negeri Jember (Polije) miliki beberapa Teaching Factory (Tefa) unggulan. 

Pabrik di dalam kampus dengan metode pembelajaran berpusat produksi atau jasa tersebut, menyelaraskan pengajaran dan pelatihan atau praktikum yang berdasar pada prosedur dan standar yang telah ditetapkan di dunia industri, serta disesuaikan dengan situasi saat ini.

Beberapa Tefa unggulan yang dimiliki Polije diantaranya Bakery and Coffee, Kuliner dan Outlet, Feedlot, Smart Green House, Nursery dan Bunga Potong, serta beberapa Tefa lainnya. 

Melansir dari keterangan tertulis, menurut Ketua Tim Hubungan Masyarakat Polije, Drs. Syaiful Bachri, MM., adanya Tefa yang dimiliki Polije membuat daya tarik masyarakat umum seperti anak sekolah, mulai dari Kelompok Belajar, TK hingga SMA untuk berkunjung dan belajar. 

Lebih lanjut, kehadiran Tefa yang tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Polije, dapat dijadikan rujukan bagi masyarakat untuk melakukan studi tiru, outing class, wisata edukasi, maupun kegiatan lainnya.

“Jelas Polije sangat terbuka bagi masyarakat dengan adanya Tefa yang kita miliki. Banyaknya kunjungan dari berbagai pihak untuk berkunjung ke Tefa menandakan bahwa memang Polije diakui oleh masyarakat menjadi Perguruan Tinggi Vokasi unggulan,” jelas Syaiful Bachri.

Kendati memiliki banyak Tefa, namun, masyarakat khususnya pelajar lebih sering mengunjungi Tefa seperti Bakery and Coffee, Feedlot, Smart Green House, dan sebagainya. 

“Pengunjung biasanya diberi materi mengenai Tefa. Seperti di Tefa Feedlot contohnya, pengunjung dijelaskan mengenai materi sapi, domba, dan kambing, kemudian mereka dapat memberi makan hewan yang ada disana. Selain itu di Tefa Bakery and Coffee, mereka dapat praktik langsung membuat roti,” tuturnya rinci. 

Hadirnya Tefa yang dimiliki Polije ini diharapkan dapat menjadi pilihan rujukan bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan edukasi. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES