Pendidikan

Mengenal Lebih Dekat Dr. Maulana, Sosok Inspiratif dari Jambi yang Mendedikasikan Hidupnya pada Pendidikan

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:22 | 95.91k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), penting bagi kita untuk mengenang perjalanan pendidikan di Indonesia. Di tengah perbincangan tentang hal tersebut, bermunculan tokoh-tokoh inspiratif dari berbagai daerah, salah satunya dari tanah Jambi, Dr. dr. H. Maulana, M.K.M. Selain dikenal sebagai mantan Wakil Walikota Jambi dan seorang entrepreneur, Dr. Maulana juga terkenal sebagai sosok yang rendah hati dan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap dunia pendidikan.

Dr. Maulana, seorang alumni Universitas Brawijaya Malang, telah menunjukkan komitmennya terhadap pendidikan sejak masa santri hingga menempuh pendidikan kedokteran. Gelar sarjananya di bidang Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia dan gelar doktoralnya dalam Manajemen Pendidikan dari Universitas Pakuan, Bogor, menegaskan komitmen ini.

Sebagai bentuk kecintaannya pada dunia pendidikan, Dr. Maulana merintis berbagai inisiatif, termasuk pendirian Institut Agama Islam Muhammad Azim di Jambi untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama. Ia juga mendirikan Rumah Tahfiz Rayhana Maulidia dan SD Insan Madani Jambi yang menyediakan pendidikan gratis bagi anak-anak dhuafa. Tak hanya itu, ia juga mendirikan Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Azim (IAIMA Jambi) untuk mahasiswa yang ingin mendalami ilmu agama sekaligus melanjutkan pendidikan formal.

Penghargaan yang diterima Dr. Maulana, baik di tingkat lokal maupun nasional, menjadi pengakuan atas kontribusinya dalam bidang pendidikan serta apresiasi atas upayanya membentuk karakter dan masa depan yang lebih baik bagi generasi muda Jambi.

Dr. Maulana tidak berhenti di situ. Dia berencana untuk memperkuat kerja sama antar lembaga pendidikan yang didirikannya dengan institusi lain, baik di dalam maupun luar negeri. Upaya ini diharapkan akan memperkaya sumber daya dan metode pengajaran yang tersedia bagi pelajar di Jambi. Selain itu, cita-citanya juga termasuk membangun Pesantren berstandar internasional di Kota Jambi sebagai platform bagi pengembangan generasi muda.

Perjalanan Dr. Maulana adalah bukti nyata dari konsistensi dan cinta pada pendidikan. Lewat lembaga-lembaga yang dibangunnya, ia telah menginspirasi banyak orang, bukan hanya di Jambi, tetapi juga di berbagai tempat lain. Kisah hidupnya mengajarkan bahwa kecintaan dan dedikasi pada pendidikan merupakan kunci utama dalam menciptakan perubahan dan membangun dampak sosial yang lebih luas.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES