Pendidikan

Pelajar SMA di Gresik Ciptakan Komik Cerita Nabi, Bisa Buat Edukasi Sejarah

Minggu, 23 Juni 2024 - 10:21 | 14.84k
Komik cerita nabi karya pelajar SMANU 2 Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Komik cerita nabi karya pelajar SMANU 2 Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Sejumlah pelajar SMA di Kabupaten Gresik Jawa Timur berhasil membuat komik sejarah nabi. Karya itu bisa bermanfaat menjadi pembelajaran menyenangkan.

Komik yang menceritakan tentang sejarah Nabi dan Indonesia ini hasil implementasi pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) SMA NU 2 Gresik.

Kepala SMA NU 2 Gresik, Umik Makiyatus Syarifah, mengatakan pihak sekolah selalu terbuka untuk menjembatani kreasi anak didiknya. 

“Melalui kreatifitasnya dalam membuat komik ini, mereka bisa terus berimajinasi dan menemukan hal-hal baru. Sehingga bisa bermanfaat sebagai bekal mereka ketika lulus sekolah,” tuturnya, Minggu (23/06/2024). 

Lebih lanjut, kata Umik, pemilihan komik sebagai media kreasi menjadi daya tarik tersendiri. Sebab, menurut Umik, pembuatan komik dalam implementasi Pembelajaran P-5 masih cukup jarang bagi para pelajar di Kota Pudak. 

“Biasanya kalau P-5 kan membuat film atau membuat ecobrick. Sementara mereka ingin memilih sesuatu yang berbeda dari yang lainnya,” sambungnya. 

Selain memiliki keunikannya tersendiri, komik ini bagi para pelajar juga bisa dijadikan sebagai media pembelajaran. Mengingat isi komik bertemakan tentang materi pelajaran sejarah agar bisa menarik minat membaca pelajar lainnya. 

Sementara pelajar Kelas 11-C SMA NU 2 Gresik, Marwah turut antusias dalam membuat projek komik. Dirinya bersama 5 orang anggota kelompok yang lain memilih sejarah Indonesia sebagai isi cerita. 

Sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro melawan kolonialisme Belanda menjadi kisah yang dituangkan dalam bentuk komik. Langkah awal dalam pembuatan komik dimulai dengan mengguratkan sketsa terlebih dahulu. 

"Kertas fisik kami pilih untuk menjadi media awal pembuatan komik. Kemudian dari kertas-kertas ini kami scan biar jadi bentuk digital,” tutur Marwah. 

Waka Urusan Kurikulum, Nurus Sholichah, Menyampaikan komik-komik hasil kreasi para pelajar kelas 11 tersebut dibukukan menjadi dua edisi. Pertama berisi kisah-kisah perjuangan para pahlawan Indonesia. Sementara bundel kedua berisi kisah perjalanan sejarah Nabi. 

“Komik-komik ini juga nantinya akan kami jadikan sebagai salah satu media pembelajaran. Terutama untuk mata pelajaran sejarah,” terang Nurus Sholichah menanggapi pelajaran SMA di Gresik yang membuat komik sejarah nabi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES