Peristiwa Daerah

Wakili Kabupaten Majalengka, Siswi SMPN 1 Cigasong Raih Juara 1 Modeling Tingkat Nasional

Jumat, 17 Maret 2023 - 16:25 | 254.21k
Kepala Bapenda Majalengka, H Irfan Nur Alam dan Camya Aina Syakila, modeling juara 1 photo shoot tingkat nasional. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Kepala Bapenda Majalengka, H Irfan Nur Alam dan Camya Aina Syakila, modeling juara 1 photo shoot tingkat nasional. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Camya Aina Syakila (12), siswi SMPN 1 Cigasong mewakili Kabupaten Majalengka, Jawa Barat meraih prestasi gemilang dunia model dalam ajang photo shoot tingkat nasional yang diadakan di Jakarta.

Gadis belia yang masih duduk di bangku sekolah kelas 7 ini unggul setelah menyisihkan 150 orang peserta dari Sabang sampai Maraoke di event keren beken yang digelar 26 Februari 2023 dan turut mendapat dukungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno.

"Nanti bulan Juli mendatang mau ada lomba lagi dan Camya akan mewakili Kabupaten kembali di even duta batik," kata Camya kepada TIMES Indonesia di Majalengka, Jumat (17/3/2023).

Di ajang berikutnya itu, dia mempersiapkan akan mempromosikan kearifan lokal dengan mengangkat tentang potensi batik khas Majalengka yang tengah dipersiapkannya.

Kepala SMPN 1 Cigasong merasa bangga atas prestasi non akademik bertaraf nasional yang diraih oleh salah satu siswanya.

"Saya merasa bangga, walaupun sekolah kami kecil tapi bisa mendapatkan siswa yang penuh dengan talenta di bidang modeling ini," kata Kepala SMPN 1 Cigasong, Ai Nurmiati.

Ia berharap, dengan keberhasilan prestasi yang diraih Samia menjadi sebuat motivasi atau semangat bagi siswa lainnya yang ada di SMPN 1 Cigasong. Sebab, menurutnya, peluang prestasi bisa datang dan diraih tidak hanya di bidang akademik saja tetapi bisa dari hal-hal positif lainnya juga.

"Dalam bidang lainnya, jika dipelajari dengan semangat, ya insya Allah sangat berguna sekaligus bisa menjadi peluang prestasi  kebanggan," tuturnya.

Mengenai pembinaan karakter peserta didik, ia mengatakan bahwa di SMPN 1 Cigasong terdapat ekstrakulikuler kolaborasi antara Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan prakarya.

Salah satu bentuk pengaplikasian dalam prakarya yakni dengan ecoprint atau metode pembuatan batik yang memanfaatkan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun, akar atau batang yang diletakan pada sehelai kain.

"Nah dari hasil karya ecoprint itu, batiknya diaplikasikan menjadi pakaian atau aksesoris yang kemudian diperagakan oleh model," ujarnya.

Rencananya, kata dia, sekolah yang dikenal dengan sebutan Nesaci ini akan masuk Program Sekolah Penggerak (PSP) yang mana dalam gelar karya, produk ecoprint turut akan ditampilkan dengan diperagakan oleh modeling siswa SMPN 1 Cigasong. 

Sementara itu, Kepala Bapenda Majalengka, H. Irfam Nur Alam mengapresiasi atas prestasi yang diraih Camya Aina Syakila sebagai juara model dalam ajang photo shoot tingkat nasional.

"Saya turut bangga dan mengapresiasi atas hasil perjuangan dan prestasi yang diraih ananda Camya," ujar Irfan Nur Alam. 

Lewat kompetisi yang diikuti putra daerah ini, Irfan memandang, selain menjadi ajang bagi para talenta muda berbakat, dapat pula menjadi jalan untuk mengangkat nama daerah ke dunia luar.

Untuk itu, ia menyatakan akan selalu siap mendukung terhadap segala bentuk kegiatan positif demi untuk menggali sekaligus mengembangkan potensi yang dimiliki putra daerah Kabupaten Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES