Peristiwa Daerah Bencana Banjir di Indonesia

Banjir Trosobo Surut, Normalisasi Sungai Buntung Terus Berlanjut

Kamis, 22 Februari 2024 - 20:44 | 19.10k
Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto saat meninjau pembersihan Sungai Buntung di Sidoarjo, Kamis (22/2/2024). (FOTO: Dok. BPBD Jatim)
Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto saat meninjau pembersihan Sungai Buntung di Sidoarjo, Kamis (22/2/2024). (FOTO: Dok. BPBD Jatim)
FOKUS

Bencana Banjir di Indonesia

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Setelah tiga hari ditangani dengan menggunakan alat berat, banjir di Kawasan Trosobo dan beberapa titik di wilayah Kecamatan Taman, Sidoarjo, kini mulai surut.

Halaman Kantor Desa Trosobo dan mayoritas jalan desa yang sebelumnya tergenang banjir, kini juga terlihat mengering.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto saat meninjau kondisi perkembangan banjir di desa ini, dengan didampingi Kades Trosobo Heri Achmadi, Kamis (22/2/2024), juga mendapati banjir di mayoritas tempat yang sudah surut. 

"Alhamdulillah, semuanya sudah surut. Yang tersisa, hanya di RW 02 dan RW 04 dengan ketinggian sekitar 5 cm," ujar Kades Heri Achmadi.

Kalaksa Gatot Soebroto lalu meninjau kegiatan normalisasi Sungai Buntung di Desa Tanjungsari yang menggunakan dua alat berat, yakni, berjenis amphibi eksavator yang telah didatangkan BPBD Jatim dan long arm excavator yang didatangkan Dinas PU SDA Jatim, Selasa lalu.

Kalaksa-BPBD-Jatim-2.jpgKalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto meninjau alat berat amphibi yang tengah beroperasi dalam pembersihan Sungai Buntung di Sidoarjo, Kamis (22/2/2024). (FOTO: Dok. BPBD Jatim)

Saat ini, dua alat berat itu telah membersihkan eceng gondok, sampah dan pengerukan sedimentasi Sungai Buntung sepanjang 1,5 km. 

"Normalisasi ini akan kita lanjutkan, karena masih ada tumpukan eceng gondok di sepanjang 1,5 Km," lagi ujar Kalaksa Gatot Soebroto.

Kades Trosobo Heri Achmadi kembali menyampaikan terimakasih kepada BPBD Jatim, Dinas PU SDA Jatim dan Pemkab Sidoarjo yang telah membantu menangani banjir di wilayahnya hingga surut, seperti, saat ini.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas dibukanya dapur umum di SDN 1 Trosobo yang bisa membantu kebutuhan permakanan warga terdampak di desanya.

Dalam kesempatan ini, Kalaksa BPBD Jatim juga meninjau aktivitas dapur umum Tagana Dinsos Jatim yang masih memenuhi kebutuhan makan pagi dan makan siang warga hingga sekitar 1500 nasi bungkus.

"Mulai besok, dapur umum ini akan kita alihkan aktivitasnya ke RT RW biar pelayanan bisa semakin dekat. Ini sesuai keinginan warga," ujar Kalaksa Gatot Soebroto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES