Peristiwa Daerah

Pj Wali Kota Malang Ingin Kampung Moderasi Tanjungrejo Jadi Contoh Indahnya Toleransi

Selasa, 07 Mei 2024 - 19:36 | 14.70k
Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat saat berada di Kampung Moderasi Tanjungrejo. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat saat berada di Kampung Moderasi Tanjungrejo. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat ingin Kampung Moderasi Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang jadi contoh bagi seluruh wilayah Kota Malang bahwa toleransi dan kerukunan sangat indah dan hangat jika dijalankan.

Hal itu ia ucapkan saat berkunjung di Kampung Moderasi Tanjungrejo, Selasa (7/5/2024) pagi tadi.

"Tentu sangat baik sekali, karena dengan kerukunan umat beragama, apabila solid, rukun, tentu kondusifitas masyarakat akan terjaga. Kami (Pemkot Malang) dengan kepala Kemenag agar bentuk kampung moderasi tidak hanya di Tanjungrejo, tapi seluruh wilayah Kota Malang," ujar Wahyu, Selasa (7/5/2024).

Wahyu berkomitmen, akan terus memberikan support secara penuh terkait keberadaan dan berjalannya kampung moderasi. Menurutnya, kampung moderasi di Kelurahan Tanjungrejo ini sangat terbukti berjalan dengan baik.

Wahyu-Hidayat-2.jpg

"Karena bentuk nyatanya jelas kelihatan dan sinergi kerukunannya berselaras sesuai teman HUT Kota Malang," ungkapnya.

Ia juga sepakat untuk memunculkan kampung moderasi di wilayah lain dengan menjadikam Kelurahan Tanjungrejo sebagai percontohan. Apalagi, Kelurahan Tanjungrejo sudah beberapa kali menjadi lokasi studi banding dari beberapa kota dan kabupaten di luar Malang.

"Mereka sudah jadi tempat studi banding. Tentu mereka akan melihat bagaimana tahapan dan sampai terbentuk kampung moderasi," tuturnya.

Untuk mewujudkan kampung moderasi, Wahyu menyebut harus ada peran dari semua masyarakat, termasuk perangkat daerah dan tokoh masyarakat setempat. "Kalau tokoh agamanya solid, tentu umatnya bisa. Ini akan kita dukung," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES