Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Hujan di Makkah, Jemaah Haji di Mina Bernafas Lega

Senin, 17 Juni 2024 - 23:11 | 20.04k
Hujan mengguyur kota Makkah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Hujan mengguyur kota Makkah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Setelah mengalami suhu mencapai 47 derajat Celsius pada siang hari, kawasan Makkah, Arab Saudi akhirnya diguyur hujan pada Senin, 17 Juni 2024, sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Hujan ini menjadi berkah tersendiri bagi jemaah haji yang masih berada dalam fase puncak haji di Mina, terutama dalam melaksanakan prosesi lontar jumrah.

Sebelum hujan turun, petir bersahutan mulai pukul 15.20. Selang setengah jam kemudian, hujan sedang turun di kawasan Makkah, terutama di Mina.

Kondisi ini memberikan kelegaan bagi jemaah yang sebelumnya menghadapi cuaca ekstrem.

Pemerintah Arab Saudi Imbau Cuaca Ekstrem

Sebelum hujan turun, pemerintah setempat mengeluarkan imbauan bagi jemaah haji agar tidak keluar ruangan pada pukul 11.00 hingga 16.00 waktu setempat. Langkah ini diambil untuk menghindari risiko sengatan panas yang bisa membahayakan kesehatan jemaah.

"Mendesak, karena cuaca panas dan untuk menghindari sengatan panas. Mohon jangan izinkan jemaah pergi ke Jamarat dari pukul 11.00 hingga 16.00," demikian bunyi pengumuman dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. 

 Langkah-Langkah Pengamanan Jemaah Haji

Dalam pengumuman tersebut, Kementerian Haji dan Umrah juga menginstruksikan kepada petugas keamanan di gerbang kamp untuk tidak mengizinkan jemaah keluar selama waktu yang ditentukan.

"Mohon segera sebarkan kepada jemaah Anda," tulis pengumuman tersebut.

Kebijakan ini diambil sebagai langkah antisipasi terhadap cuaca ekstrem yang melanda Makkah, dengan tujuan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan jemaah haji.

Dampak Positif Hujan

Turunnya hujan memberikan dampak positif yang signifikan. Jemaah yang berada di Mina bisa lebih nyaman dalam melanjutkan rangkaian ibadah haji, khususnya lontar jumrah, tanpa harus khawatir terkena sengatan panas yang ekstrem.

Semoga dengan cuaca yang lebih bersahabat, seluruh jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan lebih khusyuk dan lancar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES