Politik

Jika Terpilih, Anies Baswedan Ingin Fokus pada Reformasi Tata Niaga Pangan

Sabtu, 27 Januari 2024 - 19:51 | 16.95k
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan. (FOTO: Farid Abdullah/ TIMES Indonesia).
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan. (FOTO: Farid Abdullah/ TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Calon presiden (capres) nomor urut 01 Anies Baswedan menegaskan bahwa reformasi di sektor tata niaga pangan akan menjadi fokus utama bagi pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) apabila mereka terpilih untuk memimpin Indonesia dalam Pemilu 2024. Ini merupakan langkah untuk mewujudkan visi Indonesia yang adil dan makmur bagi seluruh rakyat.

“Seratus hari (kerja) pertama menjadi prioritas untuk reformasi tata niaga kebutuhan pangan kita, dan kebijakan agromaritim menjadi satu kesatuan,” ucap Anies Baswedan setelah menghadiri kampanye akbar di pelantaran Stadion H Dimurthala di Banda Aceh, Sabtu (27/1/2024). 

Selain itu, Anies Baswedan mengatakan bahwa pencapaian swasembada pangan harus diperluas ke seluruh wilayah Indonesia. Menurutnya, saat ini masih terdapat nelayan, petani, pekebun, dan peternak yang menghadapi beban besar dalam hal biaya produksi.

"Petani kesulitan pupuk, lalu harga pupuk juga mahal. Peternak kesulitan pakan ternak, kemudian harga pakan ternak juga mahal. Begitu juga dengan nelayan yang mengalami persoalan terhadap bahan bakar minyak (BBM) jenis solar serta pelbagai perizinan," kata Anies Baswedan.

“Sehingga mereka tidak bisa melaut sebagaimana dahulu mereka bisa melaut. Itu akan kita lakukan perubahan,” lanjutnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menekankan bahwa kebijakan agromaritim menggabungkan semua aspek, mencakup segala bentuk pangan, baik yang berasal dari daratan maupun yang diperoleh dari sumber air seperti sungai, laut, dan danau.

“Supaya kita bisa memastikan keterpenuhan kebutuhan pangan. Jadi bukan hanya swasembada satu komoditas, tapi kita ingin swasembada di seluruh komoditas yang ada di Indonesia, yang pangan pokok,” ujarnya.

Dalam kunjungan kampanye di Aceh, Anies Baswedan membangkitkan semangat perubahan dan keyakinannya bahwa masyarakat Aceh akan terus mendukung perubahan, sebagaimana yang terjadi pada Pilpres 2014 dan 2019 di mana mereka bersatu teguh dan solid dalam mendukung pihak yang mewakili perubahan.

“Oleh karena itu saya yakin pada 2024 pilih perubahan juga. Memang namanya bisa beda, tapi orang Aceh enggak beda, tetap pilih perubahan. Jadi kami yakin yang dipilih oleh masyarakat Aceh adalah semangat perubahan,” tegas Anies Baswedan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES