Politik Pilkada 2024

Usung Najmul Akhyar di Pilkada Lombok Utara 2024, Perindo Bangun Koalisi dengan Demokrat dan PDIP

Jumat, 10 Mei 2024 - 10:26 | 23.52k
Ketua DPD Perindo Lombok Utara, Hj Aryani menyerahkan berkas pendaftaran Dr. TGH. Najmul Akhyar, SH.,MH ke Ketua DPC Demokrat Lombok Utara, Zarkasy Haq di Kantor DPC Demokrat Lombok Utara, Kamis Kamis (9/5/2024). (Foto: Hary/TIMES Indonesia)
Ketua DPD Perindo Lombok Utara, Hj Aryani menyerahkan berkas pendaftaran Dr. TGH. Najmul Akhyar, SH.,MH ke Ketua DPC Demokrat Lombok Utara, Zarkasy Haq di Kantor DPC Demokrat Lombok Utara, Kamis Kamis (9/5/2024). (Foto: Hary/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, LOMBOK UTARA – Partai Demokrat dan PDIP Lombok Utara menerima berkas pendaftaran Najmul Akhyar sebagai bakal calon bupati (Bacabup) Lombok Utara pada Pilkada serentak yang akan berlangsung November mendatang.

Atas keberterimaan kedua partai tersebut, Perindo Lombok Utara mengajak langsung partai besutan SBY dan Megawati itu agar bersama-sama berkoalisi untuk memenangkan Najmul Akhyar sebagai Bupati Lombok Utara kembali untuk periode 2024-2029.

Ajakan ini langsung disampaikan karena terbangunnya chemistry dan visi bersama dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat Lombok Utara lebih baik.

Selain itu, elektabilitas Najmul Akhyar sampai saat ini masih menjadi posisi teratas sebagai Bacabup Lombok Utara yang dinantikan oleh masyarakat. 

 Sebagai bentuk keseriusan dalam membangun koalisi, jajaran pengurus Perindo mengikuti prosedur pendaftaran yang dibuka Demokrat dan PDIP. "Kami sudah menyerahkan berkas pendaftaran bapak Dr. TGH. Najmul Akhyar, SH.,MH ke PDIP hari Rabu, (8/5/2024), dan Demokrat hari ini Kamis (9/5/2024," ungkap Ketua DPD Perindo Lombok Utara, Hj Aryani kepada awak media seusai penyerahan berkas pendaftaran Najmul Akhyar di Kantor DPC Demokrat Lombok Utara, Kamis (9/5/2024).

Pada proses pendaftaran, jajaran pengurus DPD Perindo Lombok Utara yang diketuai Hj Aryani didampingi Sekretarisnya Anhar Putra Iswanto beserta jajaran kepengurusan lainnya disambut hangat dan sumringah oleh Ketua DPC Demokrat Lombok Utara, Zarkasyi Haq dan beberapa anggota desk Pilkada Demokrat Lombok Utara yaitu Ardianto, Marianto, dan lainnya.

Pertemuan kedua partai ini seakan membangun chemistry yang baik, tidak ada ketegangan, saling bercanda. "Kami datang ke sini ingin mendaftarkan calon terbaik dari Partai Perindo pada Pilkada Lombok Utara 2024-2029. Kami yakin teman-teman kepengurusan Demokrat tidak meragukan bapak TGH Najmul Akhyar," ucap Aryani disela-sela proses pendaftaran.

Ketidakhadiran Najmul Akhyar secara langsung menyerahkan berkas pendaftarannya tidak mengurangi rasa hormat kepada jajaran pengurus Demokrat, tentu sudah tidak tabu lagi sebab sebelum Najmul Ahyar masuk menjadi pengurus DPP Perindo pernah menjadi keluarga besar Demokrat Lombok Utara yaitu Ketua DPC Demokrat Lombok Utara, dan Ketua DPC Demokrat Lombok Utara, Zarkasy merupakan sekretaris Najmul Akhyar pada waktu itu, dalam satu paket sebagai petinggi DPC Demokrat Lombok Utara.

"Salam beliau tidak bisa hadir secara langsung menyerahkan berkas pendaftarannya. Harapan beliau, semoga Demokrat dapat mengusung Bapak TGH Najmul Akhyar pada Pilkada 2024," harapnya.

Perindo dan Demokrat memiliki visi yang hampir sama yaitu Untuk Indonesia Sejahtera, untuk Lombok Utara lebih sejahtera. Sambutan Demokrat berharap bukan sebagai sambutan awal sekaligus terakhir, namun sambutan ramah, humble, dan senyum dapat berlanjut hingga terbentuk dalam koalisi.

"Semoga terjalin komunikasi yang berlanjut hingga terbentuk koalisi bersama," ucapnya.

Jajaran-pengurus-DPD-Perindo-Lombok-Utara-dan-DPC-Demokrat-Lombok-Utara.jpgJajaran pengurus DPD Perindo Lombok Utara dan DPC Demokrat Lombok Utara membangun chemistry untuk berkoalisi pada Pilkada Lombok Utara. (Foto: HERY MAHARDIKA/TIMES INDONESIA)

Ditambahkan, Sekretaris DPD Perindo Lombok Utara, Anhar Putra Iswanto menyatakan, meskipun Perindo memiliki satu kursi pada hasil Pemilu 2024 namun memiliki kader terbaik yang berpotensi menang pada Pilkada Lombok Utara, sehingga pihaknya dengan partai politik lainnya menjalin komunikasi dengan intens, bukan dengan satu partai politik, namun dengan banyak partai politik lainnya yang masih berkeinginan berkoalisi dan mengusung Najmul Akhyar termasuk nantinya Demokrat dan PDIP. "Beliau (Najmul Akhyar) sudah membangun komunikasi dengan ketua-ketua partai politik baik di tingkat daerah, provinsi terus berjalan," ungkapnya.

Dari beberapa prioritas yang disyaratkan Demokrat, terdapat tujuh Bacabup yang mendaftarkan diri. Dan hanya Najmul Akhyar yang memiliki track record pernah menjadi Wakil Bupati dan Bupati Lombok Utara. Begitu juga pada saat penyerahan pendaftaran ke PDIP, Najmul Akhyar selalu berkomunikasi intens dengan Raden Nuna (Ketua Bappilu PDIP NTB yang juga Anggota DPRD NTB, yang terjalin persahabatan sejak menjadi anggota DPRD kabupaten sebelum pemekaran dengan Lombok Barat).

"Sehingga ketidakhadiran beliau dalam penyerahan berkas secara langsung bukan berarti tidak serius, justru beliau terus membangun komunikasi dengan petinggi partai," bebernya. 

Terkait ketidakmunculan beliau ke publik  hingga sekarang, justru opini tersebut tidak benar. Malah, Najmul Akhyar yang berlatar belakang Tuan Guru sangat aktif mengisi pengajian, menjadi khatib di tengah masyarakat, kemudian mengisi sejumlah undangan masyarakat, terlebih terpilihnya Hj Rohani menjadi anggota DPRD NTB tentu menjadi kerinduan masyarakat menunggu kepemimpinan Najmul Akhyar di Lombok Utara. Karena itulah, Perindo dan Najmul Akhyar ingin mengajak kepada partai politik lebih mengutamakan kepentingan masyarakat yang menginginkan kehidupan lebih baik, bukan selalu memunculkan kepentingan keinginan berkuasa.

"Sudah saatnya kita mengutamakan kepentingan masyarakat, dan ada beberapa program masih dirindukan oleh masyarakat pada saat beliau memimpin, dan yang paling dirindukan masyarakat kedekatannya dengan pemimpin sosok seperti beliau," terangnya.

Dengan kerinduan masyarakat sehingga memposisikan Najmul Akhyar memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan Bacabup lainnya, sehingga para Bacawabup yang ingin berdampingan dengan Najmul Akhyar menunggu. "Bukan satu dua orang, banyak yang menunggu keputusan beliau, cuman kami melihat dinamika dulu, setelah itu baru beliau putuskan. Dalam waktu dekat segera diumumkan kepada masyarakat yang akan memberikan kejutan," katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Lombok Utara, Zarkasyi Haq menyatakan, desk Pilkada Partai Demokrat sudah menerima tujuh Bacabup. Ada lima komponen yang akan menjadi pertimbangan yaitu integritas, komitmen, loyalitas, elektabilitas, dan track record. Setelah pendaftaran pihaknya akan membawa berkas ke DPD Demokrat NTB kemudian DPP Demokrat. Sebelum penyerahan berkas ke pusat, pihaknya sudah melakukan pengecekan berkas. Terkait Najmul Akhyar pernah sebagai Ketua DPC Demokrat Lombok Utara, Wakil Bupati, dan Bupati Lombok Utara, tentu masuk dalam pertimbangan-pertimbangan nantinya.

"Kami akan berangkat ke Jakarta hari Senin ke Kantor DPP membawa semua berkasnya, nanti menjadi keputusan DPP," terangnya.

Sementara itu, Ketua Pendaftaran Kepala Bacalon Kepala Daerah PDIP Lombok Utara, I Made Kariyase menyatakan, pihaknya sudah menerima berkas pendaftaran Najmul Akhyar, semoga nanti dapat berkoalisi yang diputuskan oleh DPD dan DPP. "Semoga nanti diputuskan berkoalisi," ucapnya secara terpisah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES