Politik

DPR RI atau Cabup Sidoarjo? BHS Tentukan Sikap Agustus Mendatang

Sabtu, 06 Juli 2024 - 12:26 | 10.48k
Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra, Anggota DPR RI terpilih, Bambang Haryo Soekartono.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra, Anggota DPR RI terpilih, Bambang Haryo Soekartono.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ketua Dewan Penasihat DPD Partai Gerindra Jatim, Bambang Haryo Soekartono (BHS) segera menentukan sikap maju dalam Pilkada Sidoarjo 2024 atau tetap berada di DPR RI pada akhir Agustus mendatang.

BHS menyatakan masing menimbang dengan matang posisi-posisi tersebut. Tak dapat dipungkiri, setelah memenangkan kontestasi Pileg DPR RI kemarin, ia justru mendapat banyak dorongan untuk maju di Pilkada Sidoarjo. Bahkan sejumlah hasil survei eksternal maupun internal menempatkan BHS di puncak elektabilitas.

“Ya kalau selama ini isu Pilbup Sidoarjo karena elektabilitas saya ini nomor satu. Dan, berikutnya ada Mas Subandi (Plt Bupati Sidoarjo saat ini, Subandi). Suara saya 2,5 kali lipat dari suara Mas Bandi,” terang BHS, Sabtu (6/7/2024).

Hingga detik ini, BHS telah mendengar soal namanya yang masuk dalam bursa pencalonan di beberapa lembaga survei, terutama di sejumlah partai.

“Apakah benar bahwa masyarakat menginginkan itu (maju dalam pilkada)? Ini perlu disurvei lagi untuk memastikan itu,” ujar Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra itu.

BHS menjelaskan, jika masyarakat memang menginginkan dirinya maju dengan ditandai tingginya angka survei, ia menyatakan siap.

“Kalau masyarakat menginginkan itu, why not? Itu semua bergantung dengan keinginan masyarakat yang nantinya dilihat berdasarkan hasil survei,” tukasnya

Calon Legislatif (Caleg) DPR RI terpilih ini menegaskan, bahwa instrumen pemenangan akan langsung bekerja apabila rakyat memang menginginkan dirinya kembali maju di Pilkada.

“Ya siap banget. Sebab, kita kan masih di Sidoarjo menjadi yang tertinggi (menurut survei), kalau nggak salah,” tutur Ketua Dewan Penasehat DPD Gerindra Jatim ini.

Menurut data survei yang ia miliki, namanya cukup baik dibandingkan beberapa figur lain seperti Plt Bupati Sidoarjo Subandi.

“Mas Bandi nomor 2, nomor 1 saya. Yang lainnya masih di bawah saya,” kata caleg terpilih peraih suara tertinggi di daerah pemilihan (dapil) Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo) tersebut.

Selain mempertimbangkan survei, pihaknya juga akan mendengarkan arahan partai. Menurutnya, hingga saat ini belum ada instruksi langsung dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kepada dirinya terkait Pilkada Sidoarjo.

Apalagi, selain menjadi Anggota DPR RI periode 2024-2029, namanya juga masuk dalam bursa calon menteri di Kabinet Prabowo-Gibran.

“Semua bergantung kepada Pak Prabowo. Yang saya dengar, sejauh ini kami diminta untuk (membantu) di pusat,” imbuh BHS.

Menurut dia, ada bentuk tanggungjawab kepada masyarakat dan partai yang telah memilihnya di Pemilu 2024 lalu. Terutama, bagi masyarakat di Surabaya dan Sidoarjo yang memilih dirinya sebagai wakil di DPR RI.

“Saya memilih (menjalankan) keinginan dari masyarakat. Sebab, masyarakat ini tidak hanya Sidoarjo, namun juga Surabaya. Saya miliknya Surabaya dan Sidoarjo. Kalau misalnya warga Sidoarjo menginginkan (Bupati), sedangkan masyarakat Surabaya (menginginkan) DPR RI, saya tentu tetap di DPR RI,” tegasnya.

Karenanya, pihaknya tak ingin gegabah. Menurutnya, keputusan akhir soal sikapnya akan disampaikan mendekati pendaftaran Pilkada di Agustus mendatang.

“Awal Agustus sudah ada keputusan. Prinsipnya, kami mendengarkan restu partai dan keinginan warga Surabaya dan Sidoarjo,” pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES